Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow... Sumbangan di ITS Rp 45 Juta, Unesa Rp 20 Juta!

Kompas.com - 15/04/2010, 14:07 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Calon mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melalui jalur Program Kemitraan dan Mandiri diwajibkan membayar Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) Rp 1.500.000 per semester dan biaya pelaksanaan Informasi dan Pengenalan ITS (IPITS) Rp 1.500.000.

Selain itu, biaya lain yang harus dipenuhi adalah Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang berbeda sesuai fakultas yang dituju. Biaya SPI tertinggi di ITS ditetapkan bagi mahasiswa Fakultas Teknik Informatika, yakni minimal Rp 45 juta, sedangkan SPI terendah ditetapkan di FMIPA, FTI, dan FTK minimal Rp 30 juta.

Di Unesa, saat pendaftaran jalur PKM ditutup, hanya ada 51 calon mahasiswa yang mendaftar. Angka ini jauh lebih kecil dibanding mahasiswa yang mendaftar melalui jalur PMDK prestasi, yakni 9.950 orang. Dari jumlah itu, Unesa hanya menerima 42 calon mahasiswa jalur PKM dan 1.420 calon mahasiswa PMDK prestasi.

Berdasarkan jumlah di fakultas, calon mahasiswa yang diterima di jalur kemitraan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) sebanyak 11 orang, FBS 11 orang, Fakutas Ilmu Sosial (FIS) 2 orang, FMIPA 9 orang, FT dan FE 4 orang, serta Fakultas Ilmu Keolahragaan satu orang.

Adapun mahasiswa baru PKM di Unesa wajib membayar Sumbangan Dana Pengembangan (SDP) yang besarnya disesuaikan dengan program studi. Untuk mahasiswa baru di Fakultas FIP, FSB, FMIPA, dan FT, minimal Rp 20 juta, sedangkan FIS Rp 10 juta. Biaya perkuliahan ditetapkan Rp 800.000 dan Rp 700.000 per semester.

Kabag BAAK Unesa Hertiti Setyowati menyatakan, proses daftar ulang bagi calon mahasiswa yang lolos seleksi jalur PMDK prestasi, kemitraan mandiri, dan PMDK kelas internasional akan dibuka hingga Jumat (16/4/2010). "Calon mahasiswa yang mendaftar ulang masih sedikit. Ini mungkin karena masih masa ujian," ujar Hertiti, Selasa (13/4/2010).

Untuk memudahkan proses daftar ulang, Unesa memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mewakilkan pendaftaran ulang kepada orangtua atau orang lain yang ditunjuk.

Seperti diberitakan sebelumnya, proses pendaftaran jalur PKM di ITS dan Unesa sudah memasuki tahap daftar ulang. Sementara di Universitas Airlangga (Unair), pendaftaran baru dimulai pada Mei 2010 mendatang.

ITS sendiri baru mengumumkan calon mahasiswanya yang lolos PKM pada Sabtu (10/4/2010) lalu. Dari 2.200 calon mahasiswa yang mendaftar, yang lolos hanya 735 orang. (nrey)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com