Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Gelar Kongres Studi Belanda

Kompas.com - 20/04/2010, 03:19 WIB

DEPOK, KOMPAS.com--Program Studi Belanda Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) akan menyelenggarakan "Kongres Internasional Studi Belanda".

"Duta Besar Kerajaan Belanda, Dr. Nikolaos van Dam akan memberikan ceramah pembukaan yang berjudul The Netherlands up-to-date," kata Kepala Kantor Komunikasi UI, Vishnu Juwono, di Depok, Senin.

Vishnu mengatakan kongres internasional ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Program Studi Belanda yang ke-40 dan terselenggara atas kerja sama Program Studi Belanda FIB UI dengan Pusat Kebudayaan Belanda Erasmus Huis.

Menurut dia, ada tiga tema utama dalam kongres studi Belanda ini, yaitu masyarakat multikultur, perkembangan pengajaran Belanda dan budaya Indis. Adapun para pembicara yang hadir dalam kongres ini berasal dari dalam dan luar negeri (seperti UI, Univ. Padjajaran, Belgia, Afrika Selatan, Prancis).

Ia mengatakan kongres Studi Belanda pertama kali diselenggarakan pada 1987, dan tahun ini dilaksanakan pada 20-24 April 2010 dengan rangkaian acara terdiri dari kuliah umum, drama, pemutaran film serta nyanyian oleh mahasiswa program Studi Belanda beserta bintang tamu dari Belanda dan Belgia.

Selain itu, kata dia terdapat kegiatan tahunan mengunjungi Kota Tua Jakarta dan Rangkasbitung, Banten sebagai bagian dari peringatan 150 tahun buku Max Havelaar karya Multatuli.

Vishnu menjelaskan program Studi Belanda FIB UI merupakan satu-satunya program studi di Asia Tenggara dan Oceania yang menyelenggarakan pendidikan jenjang sarjana studi Belanda dan diakui secara internasional oleh Nederlandse Taalunie (Uni Bahasa Belanda).

Dikatakannya, dalam kurun waktu 40 tahun Program Studi Belanda telah bekerja sama dengan berbagai pihak dalam bentuk bantuan pelatihan para pengajar Program Studi Belanda baik di Indonesia, Belanda maupun Belgia serta bantuan kepustakaan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com