Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor Binus: Peringkat Harus Bermanfaat

Kompas.com - 21/04/2010, 15:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Nilai sebuah pemeringkatan terhadap universitas negeri atau swasta tidak akan berarti apa-apa jika pemeringkatan atau ranking itu tidak bermanfaat bagi para user, baik itu masyarakat umum, mahasiswa, hingga stakeholders dan industri. 

Demikian diungkapkan Rektor Universitas Bina Nusantara (Binus) Prof Harjanto Prabowo di Jakarta, Rabu (21/4/2010), terkait capaian prestasi Binus yang didapuk meraih peringkat pertama situs terbaik perguruan tinggi swasta se-Indonesia oleh 4 International Colleges & Universities (4icu) di http://www.4icu.org/id pada 13 April 2010.

"Buat kami, yang penting itu quality content-nya, berguna atau tidak buat user di luar? Kalau tidak, buat apa cari peringkat. Takutnya, jika tidak bertujuan untuk manfaat, maka semua orang hanya ingin dapat ranking, tetapi melupakan manfaatnya," kata Harjanto. 

Dia menambahkan, situs 4icu dibangun dengan tujuan membantu dosen dan mahasiswa internasional mencari secara spesifik informasi tentang popularitas sebuah universitas di sebuah negara. Artinya, kata Harjanto, ranking itu dibuat bukan hanya untuk dinikmati oleh pihak internal universitas, melainkan juga seluas-luasnya untuk pihak eksternal.

"Output yang didapat akan membantu dosen dan mahasiswa internasional mengerti seberapa populer suatu universitas di negara lain. Ini manfaatnya," ujar Harjanto.

Harjanto mengakui, terkait ranking pada situsnya tersebut, sebetulnya Binus merasa beruntung bisa masuk dalam kriteria penilaian 4icu tahun ini karena, kata Harjanto, belum tentu Binus bisa masuk dalam kriteria pemeringkatan-pemeringkatan yang lain.

"Tiap lembaga yang membuat ranking itu punya kriteria berbeda-beda, dan beruntung kali ini kami masuk dalam kriteria itu. Kami berharap ini bisa menjadi pemacu semangat kami ke depan untuk lebih menghasilkan karya yang bermanfaat buat orang banyak," ujar Harjanto.

Seperti diberitakan sebelumnya di Kompas.com, tercatat sebanyak 141 universitas di Indonesia telah masuk ke dalam review yang dilakukan oleh 4icu. Selain menjadi situs akademik terbaik di antara PTS di Indonesia, Binus juga menduduki peringkat ketujuh dalam jajaran universitas di seluruh Indonesia berdasarkan pilihan 4icu tersebut.

Adapun 10 situs terbaik perguruan tinggi di Indonesia versi 4icu antara lain adalah:

1. ITB
2. UI
3. UGM
4. ITS
5. Unpad
6. Unibraw
7. Binus
8. Unika Petra Surabaya
9. Universitas Gunadarma
10. UPI Bandung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com