Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenalkan Jurusan dan Perkuliahan

Kompas.com - 21/04/2010, 17:17 WIB

SURABAYA, KOMPAS - Siswa SMA perlu mengenali jurusan yang ditawarkan perguruan tinggi. Memilih tanpa bisa membayangkan apa yang dihadapi di kampus atau hanya berdasarkan ikut teman bisa berakibat fatal.

Mahasiswa yang merasa salah jurusan setelah satu dua semester menjalani kuliah selalu ada. Di Universitas Kristen Petra, menurut Rektor UK Petra Prof Rolly Intan, tren perpindahan jurusan selalu ada setiap tahun meskipun jumlahnya tidak sampai 5 persen dari keseluruhan mahasiswa tahun pertama.

Menghindarkan kemungkinan salah pilih jurusan ini, UK Petra membuka pintu kampus kepada siswa kelas 1 dan 2 SMA serta orangtua murid dalam Petra Parade mulai 22 April sampai 25 April. "Kalau kelas 3 kelihatannya sudah menentukan pilihan," kata Rolly kepada wartawan di Surabaya, Selasa (20/4).

Siswa dapat masuk ke kelas, mengamati, bahkan ikut dalam kuliah. Selain itu, siswa juga bisa masuk laboratorium atau studio dan mencoba melakukan kegiatan yang biasa dikerjakan para seniornya.

Selain mengenalkan berbagai jurusan dengan membiarkan siswa "mencicipi" perkuliahan, diadakan pula beragam perlombaan yang mewakili kemampuan setiap jurusan di UK Petra. Lomba yang diadakan, menurut Wakil Rektor I UK Petra Jones Syaranamoal, antara lain lomba komposisi bentuk kreatif, couple T-shirt competition, dan mosaic art competition.

Selain itu, dari bidang teknik disiapkan pula kompetisi membuat program robot yang didahului dengan pelatihan, kontes mengemudi dengan cerdas, dan kompetisi logika. Beberapa permainan seperti student stock exchange games, UK Petra marketing video contest, klinik dan kompetisi jurnalistik, lomba bridge bahasa Tionghoa, kompetisi akuntansi pajak, dan lomba memimpin bisnis juga diadakan.

Secara keseluruhan, kata Jones, selama 4 hari pelaksanaan Petra Parade terdapat sekitar 110 kegiatan dari setiap jurusan dan program studi. Selain perlombaan, kegiatan lainnya pameran karya, seminar, dan diskusi interaktif.

Karena memberi pencerahan pada siswa dan orangtua terkait pilihan studi di perguruan tinggi, Petra Parade bertema "Let Your Light Shine." Lomba juga bukan sekadar lomba, tetapi didesain supaya bisa mewakili kemampuan utama, sesuatu yang aplikatif. Apalagi kegiatan ini juga mewakili tren pendidikan ke depan, edutainment, bahwa belajar tidak lagi susah.

"Sebagai institusi pendidikan yang harus mampu mengubah karakter manusia, UK Petra juga berupaya mendidik lulusannya supaya memiliki value seperti kasih, integritas, tumbuh, kerendahan hati, dan kebenaran," tutur Rolly. (INA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com