Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya KTP Bali? Ambil Beasiswa S-1 ini!

Kompas.com - 23/04/2010, 10:18 WIB

KOMPAS.com - Program Beasiswa Astro Kasih Gelar Sarjana (S-1) menawarkan 40 beasiswa di tujuh perguruan tinggi negeri (PTN) untuk bidang studi sains dan nonsains bagi siswa-siswi asal Pulau Bali angkatan tahun akademis 2010/ 2011, yang antara lain di Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, serta Universitas Udayana.

Program beasiswa ini merupakan kerjasama Astro Kasih-Sampoerna Foundation (SF) yang diperuntukkan untuk pelajar SMA/SMK yang tidak mampu secara ekonomi namun menunjukkan prestasi akademis cemerlang, profesional, memiliki kepribadian terpuji, serta jiwa kepemimpinan tinggi untuk menempuh pendidikan sarjana.

Bidang yang ditawarkan adalah sains dan nonsains, tetapi tidak termasuk untuk fakultas kedokteran umum, hewan dan gigi di universitas-universitas dalam negeri yang direkomendasikan oleh Astro-SF untuk jangka waktu tak lebih dari 4 (empat) tahun.

Syarat utamanya, selain kandidat adalah pemegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) Bali, usia pelamar tidak lebih dari 20 tahun pada bulan Juli 2010 mendatang. Pelamar juga harus dapat membuktikan kebutuhan tunjangan keuangan untuk melanjutkan sekolahnya berdasarkan surat keterangan tidak mampu dan fotokopi tagihan listrik rumah.

Sebagai syarat akademik, kandidat harus memiliki nilai akademik rata-rata 7.00 selama masa SMA (semester satu sampai semester enam). Selain tidak sedang kuliah di universitas manapun dan tidak sedang menerima beasiswa dari organisasi/institusi manapun, pelamar terdaftar sebagai mahasiswa tingkat I di salah satu dari tujuh PTN yang sudah ditentukan oleh program ini.

Adapun skema beasiswa ini merupakan beasiswa penuh yang meliputi biaya pendaftaran ke universitas tempat kandidat diterima, uang kuliah, uang saku, tunjangan buku, tunjangan internet, serta tunjangan penelitian pada masa akhir kuliah.

Informasi selengkapnya mengenai syarat, skema beasiswa, prosedur pendaftaran dan seleksi bisa langsung dilihat di situs ini. Batas pengembalian formulir selambat-lambatnya pada 31 Mei 2010 mendatang.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com