Lulus PMDK IPB, tetapi Tak Lulus UN...

Kompas.com - 26/04/2010, 09:24 WIB
EditorGlo

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurmulia Rekso Purnomo

JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil ujian nasional tingkat SMA/sederajat diumumkan hari Senin (26/4/2010) pagi ini. Tak terkecuali pada SMA Negeri 1 Depok, Jawa Barat. Pengumuman kelulusan di SMU dipublikasikan melalui situs web sekolah dan juga pemberitahuan melalui surat.

Tahun ini Siswa diperbolehkan mengikuti ujian perbaikan beberapa kali. Hal itu tentunya sesuatu yang sangat berbeda dengan apa yang terjadi tahun lalu, di mana kesempatan mengulang hanya sekali. Tentunya hal itu akan mengurangi histeria yang terjadi, seperti pada siswa-siswa yang gagal di sejumlah sekolah di UN tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Wakil Kepala SMA Negeri 1 Depok Wirdhan Ahyat, hasil yang didapat siswanya tahun ini mengalami peningkatan. Rata-rata nilai siswa naik. Jika tahun lalu nilai rata-rata siswa 7,0, tahun ini nilai rata-ratanya menjadi 8,09.

Meski demikian, ada dua siswa yang gagal lulus di sekolah ini. Salah satunya adalah peraih PMDK untuk Institut Pertanian Bogor (IPB). "Walaupun gagal, tradisi di sini mengutamakan kejujuran, tidak ada drama," tutur Wirdhan.

Menurut dia, cara yang sekolah terapkan tahun ini tidak begitu berbeda dengan apa yang sekolahnya terapkan tahun lalu. Kurun waktu try out, pendalaman materi, hingga bimbingan personal.

Menarik, hasil try out tahun ini ternyata sama sekali tidak mencerminkan hasil UN. Di sekolah ini, hasil try out menunjukkan ada 29,6 persen (55 orang) siswa gagal dalam ujian, tetapi pada kenyataannya hanya ada dua. Hal yang sama terjadi pada SMA lainnya di Depok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.