Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Kanisius Jakarta Lulus 100 Persen

Kompas.com - 26/04/2010, 12:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Pekikan gembira dua ratusan pelajar SMA Kolese Kanisius di sebuah ruangan di lantai empat gedung sekolah itu terdengar hingga ke lantai satu. Pekikan gembira itu pecah sesaat setelah Kepala SMA Kolese Kanisius Romo Y. Heru Hendarto SJ mengumumkan bahwa seluruh siswa kelas XII lulus Ujian Nasional yang digelar serentak pada Maret silam.

"100 persen lulus," ujar Romo Heru ketika ditemui Kompas.com, Senin (26/4/2010) di ruang moderator SMA Kanisius, Jakarta, seusai mengumumkan kelulusan UN kepada peserta didiknya. Pekikan kegembiraan itu kemudian disusul dengan nyanyian mars Kanisius yang dikumandangkan dengan hikmat oleh siswa.

Mars ini pun membahana dan terdengar hingga ke lantai satu. Sejurus kemudian, para siswa pun langsung berhamburan ke luar ruangan. Menurut seorang guru, Antonius Tri Adhi Dewanto, mars Kanisius hanya dinyanyikan pada saat-saat tertentu saja.

"Akhirnya lulus juga," ujar seorang siswa berbatik dengan setengah berteriak. Rasa resah yang sebelumnya mungkin mengganjal di hatinya seakan lepas. Dikatakannya, usahanya belajar enam bidang studi yang diujikan membuahkan hasil.

Hal senada disampaikan Adriel Arizon, siswa Kelas XII dari jurusan IPA. Dikatakannya, ketekunannya mengikuti try out demi try out dan meninggalkan aktivitas ekstrakurikuler sejak Januari 2010 terbayar sudah. Sebagian siswa lainnya ada yang langsung menelepon dan memberi tahu orang-orang terdekatnya soal kabar kelulusan ini.

Sementara itu, ada juga siswa yang sibuk berkirim pesan melalui ponselnya. Kesamaannya, mereka semua meninggalkan ruang lantai dengan wajah tersenyum.

Kegembiraan ini pun dirasakan oleh para guru. Maklum saja, menurut data yang dirilis Dinas Pendidikan DKI Jakarta, peringkat Kanisius di antara SMA se-Jakarta meningkat eksponensial. Pemeringkatan ini sendiri didasarkan pada hasil UN 2010. "Untuk IPS, peringkat Kanisius naik dari urutan ke-33 pada 2009 menjadi ke-11 pada 2010. Untuk IPA, peringkat Kanisius naik dari urutan ke-8 pada 2009 menjadi ke-5 pada 2010," ujar Antonius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com