MA Pringsurat Tak Lulus 100 Persen

Kompas.com - 26/04/2010, 13:30 WIB
Editormsh

TEMANGGUNG, KOMPAS.com — Dari 13 siswa Madrasah Aliyah Darul Aman Pringsurat, Kabupaten Temanggung, yang mengikuti ujian nasional, tak satu pun dinyatakan lulus. Dengan kata lain, di sekolah ini siswa yang tidak lulus UN mencapai 100 persen.

Kepala MA Darul Aman Pringsurat Dukut Sri Widayat, Senin (26/4/2010), mengatakan, semua siswanya harus mengikuti UN ulangan pada 10-13 Mei mendatang karena tidak ada yang lulus pada UN utama.

"Hasil UN tahun ini turun drastis dari tahun lalu yang bisa lulus 98 persen dari jumlah siswa sebanyak 17 anak," katanya.

Ia mengatakan, sekolah sebenarnya telah melakukan persiapan maksimal untuk menghadapi UN, tetapi hasilnya kurang menggembirakan. Dukut mengatakan, sekolah juga telah mengadakan pelatihan UN, tetapi hasilnya memang tidak bagus.

Menurut dia, sisa waktu yang tinggal beberapa hari menjelang pelaksanaan UN ulangan, siswa akan diberikan latihan mengerjakan soal. "Dengan banyak latihan mengerjakan soal, para siswa diharapkan bisa lulus semua dalam UN ulangan nanti," katanya.

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung, dari 4.447 peserta UN SMA/MA/SMK 2010, yang tidak lulus sebanyak 594 siswa. Sejumlah peserta UN tersebut terdiri atas siswa SMA/MA Jurusan IPA, dari 859 peserta, tidak lulus 134 siswa; dan Jurusan IPS, dari 1.278 siswa, tidak lulus 170 siswa.

Kemudian, dari 156 siswa Jurusan Bahasa, yang tidak lulus 18 siswa. Jurusan Keagamaan, dari 20 siswa, yang tidak lulus satu siswa, dan dari 2.134 siswa SMK tidak lulus 271 siswa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.