Wah, Persiapan UN Ulang Minta Dipercepat

Kompas.com - 26/04/2010, 16:42 WIB
Editorlatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekolah bertindak cepat untuk menghadapi siswa yang tidak lulus ujian nasional (UN) tahun ajaran 2009/2010 yang diumumkan hari ini, Senin (26/4/2010). Sekolah langsung memanggil siswa yang tidak lulus ke sekolah untuk diberi bekal pengarahan dan jadwal pendalaman materi untuk menghadapi UN ulangan.

Maman Suwarman, Kepala SMAN 79 Jakarta, mengatakan di sekolah ini sebanyak 36 siswa dari 171 siswa kelas XII dinyatakan tidak lulus. Tetapi, dalam pengumuman kelulusan di situs milik sekolah, para siswa yang tidak mampu memenuhi standar minimal nilai UN itu dinyatakan dengan status mengulang.

"Kami langsung meminta siswa yang tidak lulus datang ke sekolah. Para siswa diberi pengarahan dan dihibur supaya tidak patah semangat. Mereka tidak gagal karena masih ada UN ulangan sebentar lagi," ujar Maman.

Para siswa, kata Maman, bahkan mendesak sekolah untuk segera memulai pendalaman materi pada Selasa (27/4/2010) besok. Padahal, sekolah sendiri telah menjadwalkan pendalaman materi dalam bentuk drilling dan pembahasan soal-soal yang tidak kuasai pada Rabu (28/4/2010) besok.

"Ya, sudah, kami siap saja dengan keinginan siswa. Pendalaman materi yang dilakukan tim guru dimulai Selasa besok, pukul 08.00-10.00," ujar Maman.

Pendalaman materi untuk menghadapi UN ulangan pada 10 Mei nanti, kata Maman, akan dilakukan tim guru dan didampingi wali kelas dan guru bimbingan penyuluhan.

"Dalam waktu yang singkat ini, terutama harus dikuatkan mental siswa supaya mereka tetap optimis. Besok, kami ketemu dengan orang tua siswa supaya anak-anak tidak divonis. Keluarga harus bantu untuk menumbuhkan kembali rasa percaya diri anak-anak ini meskipun belum brhasil di UN utama," jelas Maman.

Kegagalan siswa yang tidak lulus UN, kata Maman, umumnya di mata pelajaran Matematika. Sebanyak 31 anak yang tidak lulus di jurusan IPS dan dua lima lainnya dari jurusan IPA. Hanya dua siswa yang tidak lulus UN yang bukan karena gagal di mata pelajaran Matematika.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X