Bantul Tertinggi di DIY

Kompas.com - 26/04/2010, 17:50 WIB
Editormsh

BANTUL, KOMPAS.com — Selama tiga tahun berturut-turut Bantul berhasil meraih predikat tingkat kelulusan tertinggi untuk jenjang pendidikan menengah di DI Yogyakarta. Tahun ini tingkat kelulusan SMA/MA/SMK tercatat 76,4 persen. Dua sekolah di Bantul juga mencatat angka kelulusan 100 persen, yakni SMAN 1 Bantul dan SMK Maarif II Piyungan.

Angka kelulusan terparah terjadi di jurusan IPA SMA Muhammadiyah Sewon, yakni 0 persen, disusul jurusan IPS MAN Lab UIN Yogyakarta 4,8 persen. "Sekolah-sekolah yang tingkat kelulusannya rendah karena persiapannya memang tidak maksimal. Misalnya penyelenggaran try out yang minim," kata Kepala Dinas Pendidikan Menengah dan Non-Formal Kabupaten Bantul Masharun.

Menurutnya, siswa yang tidak lulus akan diberi bimbingan intensif untuk mempersiapkan UN ulangan. UN ulangan membuat anak tidak maksimal karena mereka cenderung meremehkan UN. "Kami akan menyuruh anak-anak masuk sekolah untuk pembekalan materi," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X