Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kongres Guru Indonesia 2010 Akan Digelar

Kompas.com - 28/04/2010, 13:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampoerna School of Education (SSE) akan menggelar Kongres Guru Indonesia (KGI) 2010 di Balai Kartini Jakarta, 20-21 Mei mendatang. Para guru dan kepala sekolah dari berbagai wilayah di Indonesia diharapkan dapat berpartisipasi dalam acara yang digelar SSE dengan Kementerian Pendidikan Nasional ini.

Di tahun ketiga penyelenggaraannya, kongres akan mengangkat tema 'Mempersiapkan Para Pendidik dalam Perubahan Dunia: Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan'. Menurut Project Coordinator KGI Ibnu Rusud, kongres kembali digelar karena besarnya permintaan dari kalangan guru sendiri.

"Karena permintaan dari para guru di daerah. Ini kesempatan mereka untuk mendapatkan informasi dari pembicara-pembicara bertaraf internasional," tuturnya kepada Kompas.com, Rabu (28/4/2010).

Pasalnya, lanjut Ibnu, kongres membawa konsep berbeda dari seminar pendidikan kebanyakan. Porsi teori dan latihan praktek dikonsep berimbang sehingga guru memetik banyak manfaat untuk dapat diaplikasikan langsung di depan kelas.

Tahun lalu, peserta kongres mencapai 1.071 orang. Sekitar 480 orang berasal dari luar Pulau Jawa, yaitu dari Aceh, Palembang, Medan, Kalimantan, Sulawesi, Ambon, hingga Papua. Tahun ini pun SSE menargetkan demikian.

Sebagai keikutsertaan, setiap guru harus membayar biaya sekitar Rp 600.000 di luar biaya akomodasi. Namun, jangan khawatir, kata Ibnu, untuk guru-guru yang memang tidak mampu tapi ingin mengikuti, SSE akan membantu mencarikan sponsor. Formulir dapat diunduh melalui situs resmi Sampoerna School of Education.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com