Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chevening, yang Dinanti Setiap Tahun

Kompas.com - 30/04/2010, 16:35 WIB

KOMPAS.com - Setiap tahun pemerintah Kerajaan Inggris memberikan program Beasiswa Chevening kepada mahasiswa Indonesia yang tertarik untuk mengambil program Master (S-2) di Inggris. Beasiswa ini adalah beasiswa penuh, yang meliputi biaya kuliah dan biaya hidup untuk 1 (satu) tahun.

Khusus hanya untuk Indonesia, jumlah yang diberikan mencapai 20 beasiswa dan terbuka bagi kandidat dari seluruh wilayah Indonesia. Pembukaan beasiswa ini biasanya dilakukan setahun di muka, yaitu setiap Oktober.

Untuk periode 2010 ini, misalnya, Beasiswa Chevening resmi dibuka sejak awal Oktober 2009 lalu oleh Foreign and Commonwealth Office (FCO) Inggris melalui British Council di Indonesia. Beasiswa tahun akademik Inggris 2010/2011 ini meliputi semua biaya untuk satu tahun masa studi program Master (S-2) di Inggris, yang terhitung sejak September 2010.

Syarat-syarat bagi calon penerimanya, pendaftar harus memiliki IPK minimum 3.0, pengalaman kerja minimum 2 tahun (setelah lulus S-1) dan mempunyai keterampilan komunikasi yang baik dalam Bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan (IELTS 6,5), serta mampu menunjukkan potensi kepemimpinannya.

Khusus kandidat dari Indonesia Timur, mereka sangat dianjurkan untuk mendaftar. Pemberi beasiswa menyambut aplikasi untuk bidang studi Perubahan Iklim dan Kehutanan, Kontra-Terorisme dan Keamanan Internasional, Demokrasi dan Pemerintahan, Agama dan Studi Islam, Reformasi Ekonomi dan Perdagangan Internasional, Hak Asasi Manusia, Konflik, Keadilan, serta Perdamaian.

Selain di www.chevening.com, informasi selanjutnya mengenai beasiswa ini dapat diakses di situs www.ukinindonesia.fco.gov.uk dan www.britishcouncil.or.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com