Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampus Jawara Kompetisi Robot

Kompas.com - 06/05/2010, 14:43 WIB

KOMPAS.com — Kampus yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat, ini merupakan "langganan" Juara I Nasional Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) selama tiga tahun berturut-turut, yaitu pada 2007, 2008, dan terakhir 2009 lalu. Bahkan, dalam kontes The Sixth Annual Robogames di San Fransisco, Amerika Serikat (AS), pada 2009 lalu, tim Robotika Unikom mampu meraih emas setelah sukses mengalahkan tim AS sebagai juara dunia empat kali.

Bisa dikatakan, meski baru seumur jagung sejak berdiri pada 8 Agustus 2000 lalu, Universitas Komputer Indonesia (Unikom), Bandung, ini cukup banyak mengukir prestasi, baik yang bertaraf nasional maupun internasional. Ketangguhan para mahasiswanya mampu menunjukkan kualitas pengetahuan information, communication, and technology (ICT).

Tercatat pada 2007 dan 2008 lalu, Unikom menggondol juara ICT Award dan pernah mewakili Indonesia di Asia Pasific Award (Apicta) di Singapura pada 2007 lalu. Prestasi mereka pun semakin tebal setelah pada 2010 ini meraih juara Democracy Video Challenge (DVC) yang diselenggarakan oleh Pemerintah AS sehingga Unikom berhak mewakili Indonesia dalam kompetisi yang sama di tingkat Asia Pasifik.

Pun, kampus ini berhasil mempertahankan diri sebagai jawara Robogames 2010 yang berlangsung di San Mateo County Event Center, AS, pada 24-25 April 2010. Tim beranggotakan Rodi Hartono dan Yusrila Yeka Kerlooza ini berhasil meraih medali emas untuk kategori Robot Pemadam Kebakaran melalui aksi robot mereka, Robot DU 114.

Tahun 2010 ini, Unikom telah masuk dalam jajaran top 8.000 Universitas Rangking Dunia versi Webometric. Tercantum di situs pemeringkat itu, Unikom saat ini berada di urutan 6.405. Profil selengkapnya tentang Unikom bisa dilihat di www.unikom.ac.id/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com