Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

Sungkem Dulu Baru Ambil Pengumuman UN

Kompas.com - 07/05/2010, 14:51 WIB

SUMENEP, KOMPAS.com — Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sumenep, Madura, Jawa Timur, diwajibkan sungkem kepada orangtuanya sebelum mengambil pengumuman hasil kelulusan ujian nasional.

Kepala SMPN 2 Sumenep Ata'ur Rahman, Jumat (7/5/2010), menjelaskan, siswanya yang menjadi peserta UN tahun ini sebanyak 326 orang dan semuanya dinyatakan lulus UN.

"Sebagai bentuk syukur, kami mewajibkan anak-anak (siswa) untuk sungkem kepada orangtuanya atau walinya sekaligus minta doa restu sebelum mengambil pengumuman hasil kelulusan UN," katanya di Sumenep.

Ia menuturkan, pengumuman hasil kelulusan UN bagi siswanya berupa selembar kertas yang dimasukkan ke dalam amplop tertutup.

"Kami menginstruksikan siswa mengambil pengumuman hasil kelulusan UN di rumah wali kelas masing-masing sambil menunjukkan surat keterangan telah sungkem yang ditandatangani oleh orangtua atau walinya," ucapnya menambahkan.

Kalau tidak menunjukkan surat keterangan telah sungkem, kata dia, untuk sementara pihaknya melalui wali kelas tidak akan menyerahkan pengumuman hasil kelulusan UN kepada siswa tersebut.

"Kami sepakat akan menyerahkan pengumuman hasil kelulusan UN kepada siswa pada Jumat ini sejak pukul 10.00. Dengan demikian, para wali kelas IX yang kami tugaskan menyerahkan pengumuman hasil kelulusan UN tersebut tidak boleh meninggalkan rumahnya sejak pukul 10.00," ujarnya mengungkapkan.

Ata'ur Rahman juga mengemukakan, pihaknya baru menerapkan kebijakan wajib sungkem bagi siswanya sebelum mengambil pengumuman hasil kelulusan UN pada tahun ini.

"Ini program perdana dan siswa tidak keberatan diwajibkan sungkem kepada orangtuanya. Kami memang ingin membentuk karakter siswa supaya tidak melupakan jasa orangtuanya," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com