Juara UN SMP Ini Putri Bakul Nasi Lawar

Kompas.com - 08/05/2010, 16:10 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com Kesulitan ekonomi bukan alasan untuk tidak berprestasi. Semangat itu pula yang jadi pemacu perjuangan Ni Kadek Indra Puspayanti, siswi SMP Negeri 1 Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali, yang menjadi lulusan terbaik dalam Ujian Nasional SMP 2010 ini.

Tinggal di sebuah desa terpencil, Banjar Tengah Blahkiuh, Abiansemal, Badung, kedua orangtua Kadek sehari-harinya hanyalah pedagang nasi lawar atau nasi campur khas Bali. Namun, hal itu tak menyurutkan semangat Kadek untuk belajar giat guna meraih hasil terbaik di UN SMP.

“Persiapan saya menghadapi ujian sudah sejak semester dua atau enam bulan lalu. Selain latihan soal ujian tahun lalu, guru-guru juga banyak yang membimbing,” ujar putri pasangan I Nyoman Sukerta dan Ni Putu Jagriani ini kepada Presiden SBY saat telewicara, Sabtu (8/5/2010) siang.

Usahanya tak sia-sia. Setelah mendengar hasil kelulusan UN SMP, Kadek dinobatkan sebagai siswa lulusan terbaik bersama Ni Made Yuli Lestari, siswa SMP Negeri 1 Gianyar, dengan nilai 39,80.

Anak kedua dari tiga bersaudara ini berencana meneruskan sekolah ke SMA Negeri 1 Kuta Utara. Saat ditanya cita-citanya, ia mengaku ingin jadi polisi, bukan presiden, dokter, atau profesor. “Mau jadi polisi, soalnya bisa memberantas kejahatan,” ujarnya polos.

Meski tidak mendapat penghargaan khusus atas prestasinya ini, Kadek mengaku cukup senang sudah bisa berbicara dengan Presiden SBY kendati hanya melalui telewicara menggunakan telepon.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Editoryuli
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X