Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruan, Beasiswa Ini Khusus Lulusan SMA!

Kompas.com - 11/05/2010, 21:01 WIB

KOMPAS.com — Kedutaan Besar Jepang kembali menawarkan Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) kepada siswa-siswi Indonesia lulusan SLTA untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas (S-1), College of Technology (D-3), atau Professional Training College (D-2) di Jepang mulai tahun akademik 2011 (April 2011).

Untuk beasiswa ini, pelamar hanya bisa mendaftar pada satu dari tiga program yang ditawarkan tersebut. Syarat utamanya, calon pelamar lahir antara tanggal 2 April 1989 dan 1 April 1994.

Sebagai syarat akademis, pelamar harus sudah lulus SLTA dan memiliki nilai rata-rata ijazah atau rapor kelas 3 semester atau catur wulan terakhir minimal 8,4, (program S-1 ), 8,0 (program D-3 ), dan 8,0 (program D-2). Jika pada saat penutupan pendaftaran nilai ijazah asli belum bisa dikeluarkan, maka nilai ijazah sementara dari kepala sekolah bisa diterima.

Bagi yang tertarik, formulir pendaftaran dapat diperoleh secara gratis mulai Senin (10/5/2010) di Kedutaan Besar Jepang atau Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya dan Medan. Mereka yang tinggal di luar kawasan Jabodetabek, Surabaya, dan Medan dapat melamar melalui surat yang ditujukan kepada Kedutaan Besar Jepang di Jalan MH Thamrin 24 Jakarta Pusat 10350, Konsulat Jenderal Jepang Surabaya, atau Konsulat di Medan.

Keterangan lebih lanjut bisa menghubungi Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang di 021-3192-4308 Ext 175/176 atau klik di sini. Untuk syarat-syarat lebih detailnya bisa diunduh langsung di sini. Pendaftaran beasiswa ini ditutup pada 10 Juni 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com