Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Peringkat Enam Besar di Asia Tenggara

Kompas.com - 15/05/2010, 11:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Universitas Indonesia masuk dalam jajaran peringkat enam besar di Asia Tenggara dan menempati peringkat 50 perguruan tinggi terbaik di Asia. Peringkat ini didapatkan UI berdasarkan penilaian yang dikeluarkan oleh Asian University Rankings-QS.com terhadap 200 perguruan tinggi di Asia.

Demikian peringkat itu dikeluarkan Asian University Rankings-QS.com pada Kamis lalu. UI menggungguli beberapa perguruan tinggi terkemuka di Asia seperti National Taiwan University of Science and Technology (56), University Kebangsaan Malaysia (58), dan Tokyo Metropolitan University (64).

Sementara itu, berdasarkan peringkat perguruan tinggi di Indonesia, UI berada di peringkat pertama. Secara berurut, UI berada pada peringkat 50, Universitas Gajah Mada (UGM) pada peringkat 85, Universitas Airlangga (Unair) pada peringkat 109, Institut Teknologi Bandung (ITB) pada peringkat 113, dan Institut Pertanian Bogor (IPB) pada peringkat 119.

Adapun penilaian pemeringkatan ini berdasarkan empat kriteria utama, yaitu research quality, teaching quality, graduate employability, dan internationalitation higher education. Dilihat berdasarkan peringkat per subyek, hasil yang diperoleh UI antara lain bidang Arts and Humanities (peringkat 18), Life Sciences & Biomedicine (27), Natural Sciences (44), Social Sciences (23), IT & Engineering (50).

Tidak hanya itu, upaya pencapaian standar internasional juga didukung dengan sejumlah prestasi yang diukir mahasiswa UI di beberapa ajang internasional, di antaranya mahasiswa FKG UI yang menjadi juara pertama pada "Scientific Research Competition dalam The Asia Pacific Dental Students Association (APDSA), mahasiswa FHUI berhasil menjadi "1st Runner Up International Maritime Law Arbitration Moot in Brisbane". Selain itu, UI juga meraih sertifikasi International Organizations for Standarization (ISO) 9001:2008 untuk sistem manajemen mutu (QSM).

"Semua pencapaian ini tentu sesuai dengan visi dan harapan UI untuk menjadi universitas riset kelas dunia karena secara akademik UI terus meningkatkan kualitasnya di bidang riset dan pengajaran," ujar Kepala Kantor Komunikasi UI Visnu Juwono kepada Kompas.com, Sabtu (15/5/2010).

Selama tahun 2009, UI menghasilkan 1.005 riset. Sebanyak 10.050 riset itu telah dipublikasikan dalam jurnal bertaraf regional dan internasional. Hasil itu menempatkan UI bertahan pada posisi yang sama seperti tahun lalu, yaitu peringkat 50 Asia.

"Setidaknya ini memicu UI untuk terus berbenah diri dalam meningkatkan kualitas akademik dan nonakademik yang dimilikinya," kata Visnu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com