100 UMKM Dilatih Batik Ramah Lingkungan

Kompas.com - 18/05/2010, 15:00 WIB
EditorEdj

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 100 usaha mikro, kecil, dan menengah sektor batik di DIY akan mendapatkan pendampingan teknis dalam proses produksi batik yang ramah lingkungan serta teknik pemasaran di tingkat global.

Direktur Pusat Produksi Bersih Nasional Kementerian Lingkungan Hidup (PPBN KLH) Rismawati saat menemui Wakil gubernur DIY Paku Alam IX di Yogyakarta, Selasa (18/5/2010) mengatakan, 100 UMKM batik DIY mendapat giliran pertama program penerapan produksi bersih dari kerjasama PPBN KLH dengan Ekonid.

"Program ini dilaksanakan dengan harapan kalau selama ini UMKM masih mencemari lingkungan, produk-produk mereka nanti jadi ramah lingkungan. Karena kan batik sudah diakui UNESCO, jadi diharapan penerapan produksi bersih atau eko efisiensi di batik itu bisa berlanjut," terang Rismawati.

Program ini juga akan dilaksanakan di Jawa Tengah, Jawa Barat, DIY, Jawa Timur, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan. " Disamping produk mereka ramah lingkungan mereka juga akan melakukan penghematan sumber energi, sekaligus keuntungan mereka itu akan bertambah," ujarnya.

Paku Alam IX mengatakan sangat mendukung program penerapan produksi bersih batik bagi UMKM di DIY . Dengan program ini UMKM mendapatkan pendampingan teknis untuk meninggikan mutu produk, cara menghemat air, menghemat bahan kimia, sehingga produk-produknya ramah lingkungan.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.