Mendiknas: Jangan Hilang Optimisme

Kompas.com - 20/05/2010, 13:37 WIB
Editorlatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh membuka Kongres Guru Indonesia (KGI) 2010 yang dilaksanakan di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (20/5/2010). Kongres yang didukung oleh Bank Dunia tersebut dihadiri sekitar 1.000 guru dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia.

Nuh, dalam sambutannya, mengatakan, mengurus bidang pendidikan di Indonesia tidak perlu khawatir kekurangan persoalan karena stok persoalannya yang begitu banyak. Salah satu persoalan tersebut, tanpa kecuali, adalah persoalan guru. 

"Yang penting kita jangan kehilangan optimisme untuk mencari jawaban dari semua persoalan-persoalan itu. Saya berharap, kongres ini bisa menjadi salah satu ajang mencari jawaban berbagai persoalan itu dengan menjadikannya sebagai wadah berbagi informasi untuk bersama-sama meningkatkan kualitas," ujar di harapan para guru.

Tahun ini, KGI dilaksanakan untuk keempat kalinya atas inisiatif Putra Sampoerna Foundation (PSF). Kongres mengambil tema "Pendidikan untuk Pembangunan yang Berkelanjutan". Sebelum kongres dilaksanakan, para pendidik dan kepala sekolah peserta kongres diundang oleh di seluruh Indonesia untuk menjadi pemakalah. Pemakalah terpilih kemudian diundang hadir dalam kongres bersama pakar pendidikan nasional dan internasional untuk saling berbagi informasi.  

Direktur PSF Nenny Soemawinata mengatakan, digelarnya kongres guru ini dilandasi pada keinginan PSF untuk ikut mengembangkan kapasitas guru melalui bermacam bentuk diskusi dan berbagi informasi. Muara dari beragam diskusi tersebut, kata dia, intinya adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan, terutama pada aspek-aspek kepemimpinan para guru bagi anak-anak didiknya.

"Toh, ujung-ujungnya juga untuk demi anak-anak didik kita sendiri yang kelak akan menjadi future leader kita. Kita harus mempersiapkannya, katrena merekalah yang nanti akan bersaing di era global," ujar Nenny.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.