Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Dapat Hibah 100.000 Dollar AS

Kompas.com - 21/05/2010, 21:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia telah mendapatkan tawaran hibah dari AS senilai 100.000 dollar AS dalam kaitan program mengatasi perubahan iklim (climate change).

"Ini dari Departemen Energi AS. Dananya sudah ada, tapi belum kami teken. Masih kami lihat kondisionalitasnya," kata Sekretaris Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional sekaligus Ketua Steering Comitte Indonesia Climate Change Trust Fund Sjahrial Loetan, Jumat (21/5/2010) di Jakarta.

Sampai sejauh ini baru Inggris yang telah memberikan komitmennya terhadap Indonesia untuk mengantisiapasi dampak perubahan iklim. Inggris telah menghibahkan sebesar 50 juta poundsterling selama lima tahun.

Sementara itu, sampai saat ini negara yang tertarik untuk mendanai program antisipasi perubahan iklim belum memberikan komitmennya. Beberapa negara yang tertarik di antaranya Jepang, Norwegia, dan Belanda.

Ia menambahkan, dana perubahan iklim di dunia yang sering disebut hingga 60 miliar dollar AS hingga kini belum jelas.

Dalam COP ke-15 di Copenhagen, sejumlah negara, yaitu Australia, Perancis, Norwegia, Inggris, dan Amerika Serikat, menyatakan komitmen pendanaan untuk mengurangi emisi dan deforestasi (REDD) plus Rp 3,5 miliar sebagai kompensasi reduksi emisi karbon yang dilakukan negara berkembang.

Sementara itu, dalam pertemuan Asia Europe Meeting (ASEM) yang akan digelar 26 dan 27 Mei ini di Yogyakarta, pihaknya juga akan mempromosikan Indonesia Climate Change Trust Fund dalam pengelolaan dana-dana antisipasi perubahan iklim.

"Dalam ASEM tersebut, climate change juga menjadi salah satu bahasan. Selain itu, ada juga kemiskinan dan sumber daya manusia," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com