Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daya Tampung Tinggi, Persaingan Ketat

Kompas.com - 24/05/2010, 11:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (P-SPMBN) Asman Boedisantoso mengatakan, ketatnya kompetisi penerimaan mahasiswa melalui ujian masuk bersama perguruan tinggi negeri (UMB PTN) tahun ini membuktikan tingginya kepercayaan publik terhadap pelaksanaan UMB PTN. Tahun ini, jumlah peserta seleksi jalur penerimaan UMB naik hingga 66 persen.

"Kemungkinannya malah lebih, sekitar 70 persen. Di Padang, yaitu di Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang, kenaikannya bahkan sampai 700 persen, yaitu dari 2.500 peserta menjadi 15.000," ujar Asman Boedisantoso kepada Kompas.com, di Jakarta, Senin (24/5/2010).

Saat ini, daya tampung yang dibuka memang lebih banyak. Pada UMB PTN 2009 lalu, jumlah kursi yang disediakan sebanyak 7.793 kursi di 7 PTN. Tahun ini, jumlah kursi yang disiapkan mencapai 10.300 kursi dengan jumlah PTN bertambah menjadi 12 PTN. Sementara itu, jumlah peserta ujian tahun ini naik, yaitu dari 74.544 pada 2009 lalu menjadi 126.404 orang pada UMB PTN 2010 ini.

"Penambahan peserta PTN tahun ini cukup memberikan pengaruhnya pada peningkatan peserta, tetapi hal itu juga sekaligus semakin memperketat persaingan. Ini membuktikan, bahwa orang semakin percaya dengan P-SPMBN setelah teruji selama 30 tahun," ujar Asman.

Pada 2009 lalu, PTN peserta UMB terdiri dari 7 perguruan tinggi, yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, UIN Makassar, Universitas Syah Kuala (Unsyiah), Universitas Sumatera Utara (USU), serta Universitas Jambi (Unja). Tahun ini, PTN peserta bertambah 5 perguruan tinggi,  antara lain Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Palangkaraya (Unpar), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Andalas (Unand), serta Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Adapun pelaksanaan UMB PTN sudah dilakukan serentak pada Sabtu (22/5/2010) lalu. Hasil UMB PTN akan diumumkan pada 8 Juni 2010 mendatang melalui situs www.spmb.or.id.

"Yang terpenting adalah, masyarakat semakin percaya dengan kami. Soal-soalnya bagus dan hasilnya memuaskan semua pihak. Kalau yang lain baru menggelar ujian, kami sudah teruji 30 tahun," ujar Asman, menegaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com