Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, ke Perpustakaan DKI

Kompas.com - 30/05/2010, 12:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com  - Bagi yang belum pernah berkunjung ke perpustakaan pemrov DKI, setiap hari, perpustakaan DKI yang terletak di jalan HR Rasuna said kav C22, Kuningan, Jakarta melayani masyarakat sejak pukul 09.00 hingga 20.00.

"Sekarang kondisinya sudah lumayan enjoy, orang membaca disiapkan kursi, ada hot spot-nya (akses internet gratis), ada bantal-bantal kecil, lampunya cukup bagus, AC (pendingin ruangan)-nya bagus," ujar, pegawai pengembangan sistem informasi dan pengarsipan pemrov DKI Jakarta, Bambang, yang ditemui di pencanangan HUT DKI, Taman Fatahillah, Jakarta, Minggu (30/5/2010).

Dikatakan Bambang, perpustakaan DKI ramai dikunjungi keluarga pada Minggu atau Sabtu. Sebagian besar pengunjung hanya membaca koleksi perpustakaan di tempat. "Ada gejala Sabtu Minggu banyak keluarga, kalau hari biasa, mahasiswa," katanya.

Perpustakaan DKI Jakarta tersebut menurut Bambang, menyimpan koleksi buku-buku ilmu murni, sejarah, manajemen dari beragam penerbit. Juga ada beberapa buku impor berbahasa Inggris dan buku referensi seperti kamus atau ensiklopedia yang tidak dapat dipinjam. "Kalau referensi biasanya baca di tempat, nggak boleh dipinjam, kalau yang lain boleh, hanya tinggal kasih lihat KTP, bikin kartu anggota, gratis," kata Bambang.

Adapula koleksi khusus buku-buku Betawi yang disimpan dalam rumah adat Betawai serta koleksi buku sumbangan penerbit. "Sesuai Perda 6 tahun 2006 kewajiban penerbit, untuk menyediakan per eksemplar ke perpustakaan daerah, buku-buku dari penerbit juga kita simpan di rak khusus," kata Bambang.

Oleh karena itulah, Bambang mengimbau agar masyarakat mencoba berkunjung ke perpustakaan DKI Jakarta, selain berkunjung ke perpustakaan nasional. "DKI juga punya perpustakaan, harus main-main ke sana," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com