Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12.142 Peserta Berebut Tiket ke Medan

Kompas.com - 01/06/2010, 11:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 12.142 siswa/siswi peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2010 akan berlaga di tingkat provinsi. Para peserta yang sukses berkompetisi di tingkat provinsi itu akan berlaga dalam OSN 2010 yang akan diselenggarakan di Medan, Sumatera Utara, pada Agustus 2010 mendatang.

Koordinator OSN SMA 2010 Suharlan mengatakan, pelaksanaan seleksi OSN 2010 akan serentak diselenggarakan mulai hari ini, Selasa (1/6/2010) sampai Kamis (3/6/2010) di 33 provinsi. Seleksi olimpiade provinsi akan memperlombakan delapan bidang studi antara lain matematika, fisika, kimia, biologi, komputer, astronomi, ekonomi, serta kebumian (geo sains).

Lebih lanjut Suharlan menjelaskan, peserta yang sukses berkompetisi di tingkat provinsi ini akan berlaga dalam OSN 2010 yang akan diselenggarakan di Medan, Sumatera Utara, pada Agustus mendatang. "Mereka akan memperebutkan posisi terbaik untuk berkompetisi di ajang internasional melalui seleksi nasional yang kami gelar secara bertahap," ujar Suharlan kepada Kompas.com.

Dia menambahkan, sebanyak 30 peserta terbaik tingkat nasional akan diseleksi menjadi 10-15 peserta untuk melaju pada seleksi tahap kedua. ”Pada tahapan ini, akan dipilih siswa-siswi terbaik yang akan mewakili Indonesia pada ajang olimpiade sains internasional 2011," kata Suharlan.

Namun sebelumnya, lanjut dia, para siswa akan mengikuti pembinaan khusus yang dibina langsung oleh dosen-dosen dari universitas negeri favorit di Indonesia. Materi pembinaan yang diberikan sesuai dengan standar materi dalam olimpiade internasional.

Adapun Olimpiade Sains Internasional 2010 akan diselenggarakan di delapan negara, yaitu di Kazakhstan (International Mathematics Olympiad), Kroasia (International Physics Olympiad), Jepang (International Chemistry Olympiad), Korea (International Biology Olympiad), Kanada (International Olympiad in Informatics), China (International Olympiad on Astronomy and Astrophysics), dan Indonesia (International Earth Science Olympiad). Indonesia akan menjadi tuan rumah IESO 2010 yang akan diselenggarakan di Yogyayakarta pada 19 – 28 September 2010 mendatang.

Sementara itu, koreksi hasil seleksi olimpiade sains tingkat provinsi oleh tim pembina akan dilaksanakan pada tanggal 14 – 19 Juni 2010. Pengumuman peserta yang lolos akan dilakukan pada awal bulan Juli 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com