12.142 Siswa Ikuti Olimpiade Sains Provinsi 2010

Kompas.com - 03/06/2010, 02:45 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Sebanyak 12.142 siswa sekolah menengah atas mengikuti Olimpiade Sains Nasional tingkat provinsi yang meliputi delapan bidang studi, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Komputer, Astronomi, Ekonomi, dan Kebumian pada 1-3 Juni 2010 serentak di 33 provinsi.

Koordinator OSN SMA Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional Suharlan, Rabu (2/6), mengemukakan, 12.142 siswa itu sebelumnya telah lolos seleksi di tingkat kabupaten/kota. Peserta yang lolos kompetisi di tingkat provinsi akan berlaga di tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Medan, Sumatera Utara, Agustus mendatang.

Sebanyak 30 peserta terbaik di tingkat nasional akan diseleksi menjadi 10-15 peserta yang akan mengikuti seleksi olimpiade sains internasional. Sebelum mengikuti olimpiade sains tingkat internasional, peserta terbaik akan diberi pembinaan khusus oleh dosen-dosen dari perguruan tinggi negeri. ”Materi pembinaan sesuai standar materi dalam olimpiade internasional,” kata Suharlan.

Direktur Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan Nasional Sungkowo mengatakan, olimpiade ini bertujuan untuk mengembangkan sains di kalangan siswa, serta mencari siswa terbaik tingkat nasional untuk mengikuti olimpiade sains tingkat internasional pada 2011. OSN adalah ajang untuk mencari bibit baru di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

”Kami berharap bisa menemukan calon-calon yang mewakili Indonesia dalam berbagai bidang,” ujarnya.

OSN Internasional 2010 akan diselenggarakan di delapan negara, yaitu Kazakhstan (International Mathematics Olympiad), Kroasia (International Physics Olympiad), Jepang (International Chemistry Olympiad), Korea (International Biology Olympiad), Kanada (International Olympiad in Informatics), China (International Olympiad on Astronomy and Astrophysics), dan Indonesia (International Earth Science Olympiad/IESO). Indonesia akan menjadi tuan rumah IESO 2010 yang akan diselenggarakan di Yogyakarta, 19-28 September mendatang. (LUK)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.