Kendali Gerak Buatan Microsoft Diberi Nama Kinect

Kompas.com - 14/06/2010, 14:57 WIB
EditorTri Wahono

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Microsoft akhirnya mengungkapkan teknologi kendali gerak untuk konsol game XBox 360 dengan nama Kinect. Sebelumnya, pengembangan teknologi yang memungkinkan pemain bisa mengendalikan gerakan dalam game itu disebut Project Natal.

Kinect bakal dipamerkan dalam ajang pameran game tahunan terbesar di AS, E3, yang akan digelar minggu ini di Los Angeles. Tidak seperti kendali sensor untuk Nintendo Wii dan Sony Play Station 3, Kinect tak perlu tongkat ajaib yang harus dipegang pemain game. Microsoft menggunakan tiga buah kamera untuk merekam gerak tubuh pemian dan menerjemahkannya ke dalam permainan.

Selain menegnadlaikan gerak, Kinect juga mendukung perintah suara. Sistem semacam ini memang didesain buat pemain game awam sehingga tidak perlu ribet dengan aneka tombol atau navigasi permainan. Begitu berdiri di depan sistem tersebut, gerak avatar di layar sesuai gerakan pemain. Siapapun bisa bergabung dalam permainan video game.

"Terobosan besar itu hanya akan dicapai apabila dapat melibatkan kalangan ibu dalam permainan tersebut. Ada banyak anak-anak dan ibu yang ingin memiliki pengalaman interaktif bersama," kata Mike Delman, VP Global Marketing Interactive Entertainment Division Microsoft, Minggu (13/6/2010).

Beberapa game yang didemonstrasikan di Galen Center University of Southern California, Minggu lama itu, antara lain game dansa, simulasi hewan peliharaan, dan latihan yoga dan taichi. Dalam demonstrasi tersebut juag diperlihatkan bagaimana bermain pedang cahaya seperti di Star Wars.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.