Atasi Kejenuhan Pasar dengan Batik Lukis

Kompas.com - 15/06/2010, 19:05 WIB
EditorErlangga Djumena

 

BANTUL, KOMPAS.com - Untuk mengatasi kejenuhan pasar batik, para perajin di Dusun Gunting, Gilangharjo, Pandak Bantul melakukan terobosan dengan membuat batik lukis. Berbeda dengan batik kain yang sifatnya fungsional, batik lukis dimanfaatkan untuk mempercantik interior ruangan.

Sugito (42), salah seorang perajin batik lukis mengatakan mulai aktif memproduksi batik lukis sejak 10 tahun terakhir. Awalnya ia lebih banyak membuat batik kain. Namun karena persaingan di pasar semakin ketat dan situasinya mulai jenuh, ia pun beralih ke batik lukis.

Proses pembuatan batik lukis sedikit berbeda dengan batik kain. Setelah pencelupan warna, batik lukis bisa ditambahkan goresan warna menarik seperti warna emas atau warna mencolok lainnya. "Bagi pembatik ini menjadi wahana ekspresi diri, karena goresan-goresan warna tambahan itu sepenuhnya tergantung selera kita," katanya.

Ragam corak batik lukis juga lebih variatif, mulai dari corak-corak pakem keraton sampai ke corak pemandangan, hewan, tumbuhan-tumbuhan atau goresan-goresan yang sifatnya abstrak. Harga jualnya variatif tergantung ukuran, mulai dari Rp 40.000 sampai Rp 200.000. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.