Digelar Hari ini, Rebutkan 80.000 Kursi

Kompas.com - 16/06/2010, 09:25 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 447.107 peserta, Rabu (16/6/2010), mulai mengikuti ujian tulis Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang diselenggarakan sampai besok, Kamis (17/6/2010), untuk memperebutkan 80.000 jatah kursi SNMPTN yang disediakan di 54 PTN.

Dalam kunjungannya melihat proses ujian tulis di SMAN 70 Jakarta, Rabu (16/6/2010) pagi, Ketua Umum Panitia SNMPTN 2010 Herry Suhardiyanto menyebutkan, dari 447.107 peserta tersebut, 142.710 orang mengikuti seleksi lewat jurusan IPA, 169.499 orang IPS, dan 134.898 orang lewat jalur IPC.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengungkapkan, kunjungan ke SMAN 70 tersebut hanya dalam rangka pengecekan proses SNMPTN. "Apakah proses ujian ini sudah sesuai aturan atau belum, dan ternyata semua berjalan sesuai rencana, yaitu ada unsur pengawal dan tata tertib yang baik. Naskah soal pun dibuka dengan cara tertib sesuai aturan," ujar Nuh.

Selain Mendiknas dan Ketua SNMPTN, kunjungan di awal SNMPTN pagi ini juga dihadiri oleh Rektor UI Gumilar R Somantri. "Kelihatannya lancar dan tidak ada hal yang menjadi keraguan dari para peserta," ujar Gumilar.

Pantauan Kompas.com, para calon mahasiswa yang mengikuti SNMPTN pagi ini ternyata tidak hanya datang dari wilayah Jakarta, melainkan juga dari berbagai daerah di sekitar Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.