Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percepat Pengumuman Ujian Paket B

Kompas.com - 18/06/2010, 19:37 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS - Lembaga Ombudsman Daerah DIY minta waktu pengumuman ujian nasional pendidikan kesetaraan paket B dipercepat. Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada siswa yang lulus UNPK paket B dapat mengikuti pendaftaran penerimaan siswa baru di SMA/SMA/MA negeri.

Berdasarkan surat edaran tentang jadwal penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2010/2011 yang diterbitkan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, jadwal pendaftaran penerimaan peserta didik baru SMA/MA ditetapkan 6-7 Juli, sedangkan SMK/MA kejuruan 5-7 Juli, pengumumannya 9 Juli. Adapun ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) paket B periode I akan digelar 29 Juni-1 Juli, pengumuman hasil UNPK satu bulan setelahnya.

"Yang jadi persoalan adalah ketika siswa SMP/MTs yang tidak lulus UN ulangan kemudian ikut ujian paket B, dan lulus UN paket B, mereka tidak bisa mengejar waktu pendaftaran SMA/SMK negeri karena waktunya berdekatan," ujar Wakil Ketua LOD DIY Bagus Sarwono, dalam pertemuan dengan dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota di Kantor LOD DIY, Kamis (17/6).

Jumlah pelajar SMP/MTs yang tidak lulus UN ulangan 3.197 anak. Menurut Bagus, peserta pendidikan kesetaraan paket B seharusnya juga diberi kesempatan berkompetisi dalam penerimaan siswa baru di sekolah negeri. Apalagi sudah disosialisasikan kualitas pendidikan kesetaraan tidak lebih jelek dari pendidikan formal. "LOD berharap, dengan pengumuman ujian nasional paket B yang dimajukan atau dipercepat, mereka bisa mengejar ikut pendaftaran di sekolah negeri. Ini soal kesamaan hak warga negara," ujarnya.

Bila tidak bisa, siswa lulusan paket B hanya akan memiliki kesempatan mendaftar di sekolah-sekolah swasta. Opsi lain adalah jadwal UNPK paket B perlu dimajukan.

Kepala Bidang Pendidikan Luar Biasa dan Pendidikan Dasar Disdikpora DIY Suroyo menyatakan, Disdikpora DIY tidak bisa mengubah jadwal UNPK paket A, B, maupun C karena ditetapkan Badan Standar Nasional Pendidikan. Bila dimajukan, justru membuat persiapan siswa tidak maksimal. "Sulit untuk dimajukan. Kesempatan bagi siswa yang lulus paket B adalah ke swasta," ujarnya.

Kepala Bidang Bina Program Dinas Pendidikan Dasar Bantul Dwi Budiyanto menuturkan, Bantul merencanakan memperpanjang masa pendaftaran sekolah swasta, yaitu hingga 12 Juli. Hal tersebut untuk memberi kesempatan kepada siswa yang tidak diterima di sekolah negeri agar dapat mendaftar ke sekolah swasta. (RWN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com