Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Ambil "Doktor" di Asia Tenggara!

Kompas.com - 22/06/2010, 17:57 WIB

KOMPAS.com — The Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture atau SEARCA mengundang para mahasiswa Indonesia untuk melamar beasiswa gelar MS dan PhD program studi pertanian tahun akademik 2011/2012. Bidang lainnya yang terbuka untuk beasiswa ini antara lain biologi dan sains, ilmu-ilmu sosial, ekonomi dan statistik, kehutanan dan perikanan, ilmu lingkungan, teknik mesin dan agro-industri, biokimia, serta studi manajemen dan pembangunan.

Selain ditawarkan kepada pelajar Indonesia, program beasiswa ini juga terbuka untuk pelajar dari negara seperti Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam. Pelamar yang diutamakan adalah karyawan atau staf akademik perguruan tinggi atau di lembaga-lembaga riset dan pemerintahan berusia kurang dari 35 tahun.

Adapun penerima beasiswa ini bisa menempuh studinya di beberapa perguruan tinggi yang terdaftar sebagai anggota Konsorsium Perguruan Tinggi di bawah koordinasi SEARCA. Beberapa daftar perguruan tinggi itu antara lain Universiti Putra Malaysia (Malaysia), Kasetsart University (Thailand), Institut Pertanian Bogor dan Universitas Gadjah Mada (Indonesia), serta University of the Philippines Los Baños (Filipina). Memilih perguruan tinggi lain di luar daftar konsorsium tersebut juga diperbolehkan, tetapi dengan syarat masih termasuk dalam lingkup wilayah Asia Tenggara dan dengan persetujuan khusus.

Bagi yang tertarik, aplikasi beasiswa ini bisa didikirimkan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Kementerian/Departemen Pendidikan, Kementerian/Departemen Pertanian, Kementerian/Departemen Kehutanan, atau kementerian lainnya terkait bidang studi masing-masing untuk diseleksi dan disahkan sesuai kualifikasi yang dibutuhkan.

Batas waktu pengiriman beasiswa SEARCA hanya sampai 30 Juli 2010. Informasi selanjutnya mengenai beasiswa, tata cara pendaftaran, skema beasiswa, dan format pendaftaran bisa segera diunduh di situs http://www.searca.org .

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com