1.000 Sarjana Nganggur Dapat Modal Usaha

Kompas.com - 24/06/2010, 10:26 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

PALEMBANG, KOMPAS.com — Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Selatan akan memberdayakan seribu sarjana yang masih menganggur dengan memberikan bantuan modal usaha.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Selatan Abdul Shobur di Palembang, Kamis (24/6/2010), menyatakan, program bantuan modal untuk para sarjana itu agar mereka bisa berusaha secara produktif dan tidak sampai menganggur.

Menurut dia, tujuan program itu agar para sarjana yang menganggur tersebut dapat berwirausaha untuk meningkatkan taraf hidup. "Mekanisme pemberian bantuan modal usaha itu dengan cara para sarjana tersebut mengajukan permohonan kepada Dinas Koperasi dan UKM," katanya.

Ia menyatakan, usulan permohonan atau proposal itu nantinya akan diproses dan selanjutnya diajukan kepada Kementerian Urusan Koperasi dan UKM. Diakui, sebenarnya pihak kementerian sudah meminta kepada Sumsel nama-nama sarjana yang mengajukan permohonan untuk dibantu. Namun, untuk itu pihaknya harus terlebih dahulu menyiapkan langkah-langkah, termasuk menyeleksi calon pemohon.

Besaran bantuan yang akan diberikan kepada sarjana itu beragam, disesuaikan dengan jenis usaha apa yang akan dikelola oleh mereka. "Besaran jumlahnya paling kecil Rp 1 juta sampai Rp 100 juta, jadi tidak sama sesuai dengan jenis usaha yang akan mereka jalani," katanya.

Shobur juga menyebutkan, di Sumsel terdapat 4.000 unit koperasi yang tersebar di kabupaten dan kota. Sebanyak 20 persen koperasi itu tidak aktif karena berbagai faktor, seperti tidak ada anggotanya dan tidak ada pengurusnya. Nanti, kata dia, akan dilihat permasalahan koperasi itu tidak aktif. Pihaknya akan berusaha mengaktifkan kembali koperasi tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.