Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa UI di 11 Titik Pulau Terdepan

Kompas.com - 28/06/2010, 16:56 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) kembali melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (K2N) di sebelas titik pulau-pulau terdepan dan perbatasan Indonesia. Pelepasan 117 mahasiswa K2N-UI itu akan dilaksanakan besok, Selasa (29/6/2010) di Balai Sidang UI, Kampus UI, Depok.

Pelepasan Rombongan K2N UI akan dilakukan oleh Pelaksana Harian (Plh) Rektor UI Dr Muhammad Anis bersama Assisten Teritorial TNI Mayjen Suprapto. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 1-31 Juli 2010 di Kabupaten Merauke, Sabang (Kota Sabang), Pulau Subi Kecil (Kabupaten Natuna), Entikong (Kabupaten Sanggau), Tnjung Dato (Kabupaten Sambas), Pulau Sebatik (Kabupaten Nunukan), Pulau Morotai (Kabupaten Morotai), Pulau Selaru (Kabupaten Maluku Tenggara Barat), Pulau Lirang (Kabupaten Maluku Barat Daya), Pulau Rote (Kabupaten Rote Ndao), dan Meos Befondi (Kabupaten Supiori).

Kepala Kantor Komunikasi dan Humas UI Vinsu Juwono di Jakarta, Senin (28/6/2010), mengatakan, program K2N UI 2010 terdiri dari dua program utama, antara lain Program Kerja Rutin dan Program Kerja Kelompok. Program Kerja Rutin meliputi delapan program yaitu (1) Rumah Baca; (2) Bernyanyi, Mendongeng, dan Bermain Permainan Tradisional Anak; (3) Melayani Lansia dan Menjenguk Orang Sakit; (4) Penyuluhan tentang Bahaya Narkoba, Minuman Keras dan HIV/AIDS; (5) Penyuluhan Hukum; (6) Penyuluhan Kesehatan Gizi serta KB untuk Perempuan; (7) Penyuluhan Kebersihan untuk Anak Sekolah; dan (8) Penyuluhan Kesehatan tentang Lingkungan (termasuk Pemanfaatan Pekarangan) dan KB untuk Lelaki.

Sementara itu, lanjut Visnu, Program Kerja Kelompok terdiri dari 10 program, yang antara lain (1) Program Air Bersih; (2) Program Jamban Sehat; (3) Penguatan Arsitektur Tradisional; (4) Kuliner Laut; (5) Menggali Potensi Wsata Bahari, Alam dan Budaya; (6) Pelatihan Bahasa Inggris untuk Anak Sekolah dan Pelatihan Manajemen serta Koperasi; (7) Makanan dan Minuman Tradisional; (8) Kerajinan Tangan; (9) Maksimalisasi Kelapa; (10) Pemberdayaan Perempuan melalui Tata Rias dan Tata Busana.

"Pembukaan kegiatan ini sendiri akan dilakukan di Kecamatan Sota, Kabupaten Merauke sebagai simbolisasi matahari terbit," ujar Visnu.

Acara pembukaan tersebut direncanakan dihadiri oleh Bupati Merauke Drs. Johanes Gluba Gebze, Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Muhammad Anis, Pangdam Cendrawasih Mayjen. TNI Hotma Marbun, serta Ketua Pelaksana K2N UI 2010  Dra Sri Murni, dan Penanggungjawab K2N UI Arman Nefi. Penutupan K2N UI akan dilakukan bersamaan dengan diresmikannya patung Jenderal Sudirman di Pulau Ndana, Kabupaten Rote Ndao.

"Tahun ini, pesertanya berasal dari 10 fakultas. 10-15 mahasiswa akan ditempatkan di setiap titik dengan didampingi oleh dosen pembimbing dan pendamping lapangan," tutur Visnu.

Visnu menambahkan, tujuan K2N UI selain untuk membangkitkan rasa cinta tanah air di kalangan mahasiswa UI, juga untuk mengembangkan soft skill mahasiswa serta mendorong jiwa kemandirian dan semangat pemberdayaan masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com