5 Program Studi Dapat Akreditasi Internasional

Kompas.com - 02/07/2010, 04:13 WIB
Editor

Bandung, Kompas - Institut Teknologi Bandung akan mengajukan lima program studinya untuk diakreditasi secara internasional. Akreditasi ini diklaim sebagai yang pertama dilakukan perguruan tinggi di Indonesia.

”Hal ini salah satu cara yang kami lakukan untuk membawa ITB menjadi salah satu perguruan tinggi bertaraf internasional,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Carmadi Machub di sela-sela penandatanganan nota kesepahaman antara Yayasan Bakrie Center dan ITB dalam Kerja Sama Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat pada Jenjang Stara 2 dan 3 di Bandung, Kamis (1/7).

Carmadi mengatakan, lima program studi yang akan diakreditasi tersebut adalah Teknik Elektro dari Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Teknik Kelautan (Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan), Teknik Kimia (Fakultas Teknologi Industri), Teknik Fisika (Fakultas Teknologi Industri), serta Arsitektur (Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan). Kelimanya adalah program studi unggulan dan persiapannya telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu.

Beberapa hal yang telah dipersiapkan, seperti peningkatan kualitas kurikulum dan pengajaran, kesiapan infrastruktur dan sarana penunjang, serta kualifikasi tenaga pengajar.

Pertama kali

Menurut Carmadi, pelaksanaan akreditasi akan dilakukan dalam beberapa kesempatan. Untuk Teknik Elektro dan Teknik Kelautan akan dilakukan pada Oktober 2010 oleh Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET). Lembaga ini adalah badan nirlaba yang fokus memberikan akreditasi pada program studi sains, komputer, keteknikan, dan teknologi.

Tahun depan, ABET Juga akan mengakreditasi program studi Teknik Fisika dan Teknik Kimia. Adapun Arsitektur juga akan diakreditasi National Architectural Accrediting Board (NAAB) tahun selanjutnya. Lembaga ini adalah badan nirlaba dari Amerika Serikat yang fokus memberikan akreditasi pada program studi arsitektur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

”Apabila berhasil dilakukan, sepertinya hal ini adalah langkah yang pertama kali dilakukan perguruan tinggi di Indonesia. Namun, ITB juga berharap agar akreditasi tidak berhenti pada lima program studi, tetapi juga dilakukan pada program studi lainnya,” ujar Carmadi.

Sebelumnya, Rektor ITB Ahmaloka mengatakan, akreditasi internasional untuk program studi menjadi salah satu tujuan ITB ke depannya. Ia berharap agar akreditasi secara internasional bisa memberikan peningkatan akademik dan sumbangan yang berguna bagi masyarakat.

”Semoga rencana akreditasi ini bisa menjadi pemicu bagi program studi lainnya untuk terus meningkatkan kualitasnya,” kata Ahmaloka. (CHE)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.