Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, PPDB Dibuka Lagi...

Kompas.com - 06/07/2010, 10:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA/SMK Negeri resmi dibuka kembali mulai hari ini, Selasa (6/7/2010). Hampir semua SMA/SMK di Jakarta ramai didatangi para orangtua murid untuk mendaftarkan kembali anaknya di sekolah yang dituju.

Pemantauan Kompas.com di SMA 48, Jakarta Timur, ratusan calon orangtua murid sudah berbondong-bondong datang sejak pagi untuk mengurus pendaftaran berkas-berkas ke pihak sekolah. Kebanyakan dari orangtua murid ini adalah pendaftar pada PPDB pertama yang dianulir pekan lalu.

Joes, misalnya, kembali mendaftarkan putranya, Reza, setelah gagal mendaftar pada PPDB pertama. Joes gagal mendaftarkan putranya karena sebelum berkas-berkasnya dimasukkan, sistem pendaftaran online sudah keburu melebihi kapasitas. "Jadi, sekarang harus benar-benar diulang mendaftarnya. Mengisi formulir baru," kata Joes.

Demikian halnya dengan Neni yang mendaftarkan ulang putranya di SMA 48. Pada pantauan terakhirnya di PPDB pertama, kata Neni, putranya masih menempati posisi 200-an dari 320 kursi yang tersedia di SMA 48.

"Ya, mudah-mudahan yang sekarang ini enggak ada masalah. Pusing, orangtua mesti bolak-balik ngurus sekolah anak," keluhnya.

Neni berharap, pada PPDB ulang kali ini tidak akan banyak berubah dari hasil sementara PPDB pertama pekan lalu. "Ya, sekarang ini masih khawatir juga, kalau banyak yang nambah lagi kan bisa tergeser," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA 48 Syamsu Arifin saat ditemui Kompas.com mengatakan, pendaftar pada PPDB ulang cukup banyak. Walau demikian, Syamsu memprediksikan bahwa hasil PPDB ulang tidak akan banyak berubah dari yang pertama.

"Kalau pergeseran-pergeseran itu saya pikir akan sama saja. Karena ini kan real time, setiap saat bisa naik turun. Tapi, pendaftarnya kan calon siswa yang masih sekitar itu-itu saja, kemungkinan tidak akan sampai drastis berubahnya," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com