Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shunji Matsuo Kembangkan Sayap ke Indonesia

Kompas.com - 08/07/2010, 00:45 WIB

KOMPAS.com - Potongan rambut gaya Jepang memiliki ciri khas yang berbeda dari potongan rambut biasa. Umumnya, potongan rambut gaya Jepang memiliki ciri yang meruncing di bagian ujung-ujung, atau tipe bergelombang yang berkesan imut. Jika selama ini Anda hanya bisa mengikuti perkembangan gaya potongan rambut ala Jepang lewat film-film Jepang, atau majalah-majalah, Anda kini bisa langsung bertemu dengan para penata rambut yang datang langsung dari Jepang.

Nama Shunji Matsuo sudah bukan nama asing di dunia penataan rambut. Sejak 40 tahun lalu memulai kiprahnya di dunia tata rias rambut, Shunji Matsuo terus berkembang dan melebarkan sayapnya. Tak hanya ternama di negaranya, Shunji yang sempat 22 tahun melanglang buana di Amerika Serikat, tepatnya di New York kini bahkan hanya 2 kali dalam setahun saja ke Jepang, sisanya, ia sibuk melakukan demonstrasi penataan rambut di berbagai negara.

Malam ini, Rabu (7/7/2010), Shunji resmi pembukaan gerai pertamanya di Jakarta dalam sebuah gathering yang dilangsungkan di Epicentrum. Gerai pertamanya, Shunji Matsuo Hairstudio by Hisato mengambil lokasi di Dharmawangsa Square lantai 2. Di Indonesia, anak buah kepercayaannya, Hisato yang menjabat sebagai International Director yang akan memimpin perkembangannya.

Adalah Rufi I. Susanto, seorang pengusaha sekaligus pemilik dan penggagas dari brand asal Jepang ini membuka gerainya di Jakarta. "Saya rasa sudah saatnya Indonesia memiliki sebuah salon yang berkualitas. Sangat sulit untuk bisa mendapatkan hairstyle yang kita inginkan di Indonesia. Saya rasa butuh komunikasi antara hairstylist dan pelanggannya untuk bisa memberikan gaya yang tepat. Stylist di sini akan diajarkan bahasa Indonesia, selain itu, di sini juga akan ada penerjemah. Kami ingin para customer mendapatkan style yang mereka inginkan. Style Jepang itu mudah ditata. Itu salah satu keunggulan yang saya bawa ke Indonesia," jelas Rufi yang berambisi untuk membuka 200 gerai dalam waktu ke depan.

Apa yang membedakan Shunji Matsuo dari salon lain? "Setiap produk yang kami bawa benar-benar dari Jepang. Mulai dari spray, coloring, bahkan perming. Para orang Jepang percaya bahwa produknya tak perlu merusak batang rambut. Misal, pewarnaan, tidak harus merusak rambut terlalu banyak," jelas Rufi. Sepakat dengan Rufi, Hisato juga berkata, "Kami punya stylist dari Jepang, teknologi dari Jepang, bahkan bangkunya pun dari Jepang." Konon, hairstudio di Singapura didesain internasional dengan banyak stylist dari negara-negara lain, tak hanya dari Jepang.

"Di salon kami, we want you to be you. Kami ingin menciptakan style untuk Anda. Bukan membuat Anda menjadi seseorang yang lain. Saya pikir, wanita Indonesia akan sangat cocok dengan potongan rambut dari Jepang, karena potongan dan style-nya sangat mudah, simpel, dan tidak berlebihan. Setiap stylist pasti akan melihat bahwa rambut-rambut orang Indonesia akan menjadi tantangan tersendiri, mengingat sangat beragamnya tipe rambut kita, dari wavy sampai curly," tutur Rufi.

Dikabarkan, bahwa untuk mendapatkan penataan potongan rambut Anda harus merogoh kocek sekitar Rp 500.000 untuk top stylist, atau Rp 400.000 untuk stylist. Namun, Rufi sempat mengatakan, bahwa pihaknya akan membuka brand keduanya dengan harga yang di bawah flagship tersebut dalam 6 bulan ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com