Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Pun Kibarkan Merah Putih di Sepang

Kompas.com - 14/07/2010, 11:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Lewat kegigihan tim Universitas Indonesia (UI), bendera Indonesia berkibar di Sepang International Circuit Malaysia di ajang Shell Eco-Marathon Asia 2010 yang berlangsung 8-10 Juli 2010. UI memborong beberapa predikat juara di ajang ini.

Tim UI yang menurunkan "Equator" dari FTUI meraih posisi runner up 1 dan tim "Pasopati" sebagai runner up 2 untuk kategori urban type dengan mesin internal combustion. Sementara itu, tim "Equator" dan tim "Pasopati" juga meraih rangking 1 dan 2 pada uji emisi tipe urban non-award.

Khusus di kategori best design award, UI yang diwakili tim "Keris" dan "Pasopati" FTUI juga masuk dalam lima finalis top dan menjadi satu-satunya tim asal perguruan tinggi Indonesia yang meraih penghargaan tersebut. Kedua tim tersebut bersama tim "Equator" FTUI termasuk dalam 20 tim yang memenangkan Early Awards dan lolos seleksi dari total 83 peserta.

Adapun Shell Eco-Marathon Asia 2010 merupakan sebuah ajang kompetisi edukasi yang diselenggarakan oleh Shell dalam mengembangkan konsep kendaraan masa depan yang hemat bahan bakar, ramah lingkungan, dan aman.

Pada perhelatan akbar itu, FTUI mengusung tema "Hemat Energi dan Berbasis Energi Alternatif", yang direpresentasikan pada tiga jenis mobil dengan nama "Keris", "Pasopati", serta "Equator".

"Ketiganya bertarung pada dua kategori kendaraan, yaitu tipe prototype yang futuristik atau berkonsep mobil masa depan dan tipe urban yang berspesifikasi kendaraan perkotaan ramah lingkungan," kata Kepala Kantor Humas UI Visnu Juwono kepada Kompas.com, Rabu (14/7/2010).

Diberitakan sebelumnya di Kompas.com, Senin (12/7/2010), mobil konsep karya mahasiswa Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya juga meraih juara pertama kompetisi mobil irit Shell Eco-Marathon (SEM) Asia 2010. Siaran pers ITS di Jakarta menyebutkan, dalam lomba yang digelar di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, 8-10 Juli 2010 itu, Tim ITS 2 dengan mobil "Sapu Angin 2" mencatat rekor mobil teririt dengan jarak tempuh 237,6 kilometer setiap satu liter bensin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com