Indonesia Raih 2 Emas dan 2 Perunggu

Kompas.com - 19/07/2010, 20:31 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Olimpiade Biologi Internasional (IBO) Indonesia berhasil membawa pulang 2 medali emas dan 2 medali perunggu dari ajang International Biology Olympiad (Olimpiade Biologi Internasional) ke-21, di Changwon, Korea Selatan, yang berlangsung 12-17 Juli lalu.

Dua medali emas itu diraih Irfan Haris, siswa SMA Negeri 1 Pringsewu, Lampung dan Harun Reza Sugito, dari SMAK 1 BPK Penabur, Jakarta. Perunggu diraih Danang Crisnanto dari SMA Negeri 1 Wonogiri dan Thoriq Salafi, siswa MAN Insan Cendekia Tangerang.

Pembina Tim IBO Indonesia 2010, Agus Dana Permana, mengatakan IBO yang dibuka Menteri Pendidikan Sains dan Teknologi Korea Selatan, Byong Man AHN, kali ini diikuti 60 negara dengan jumlah siswa sebagai kompetitor sebanyak 233 orang. Kesuksesan tim Indonesia tidak lepas dari kepandaian, kecerdikan serta keuletan dan semangat keempat siswa tersebut.

"Juga dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia," kata Agus Dana Permana, Senin (19/7/2010) di Jakarta.

Seleksi Tim IBO Indonesia dimulai sejak tingkat sekolah, tingkat kota/kabupaten, tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Siswa-siswi kemudian dibina para guru, para dosen pembimbing dan asisten IBO dari SITH ITB, Biologi Unair, Bioligi UPI, Biologi IPB, juga psikologi dan tim Pembina Motivasi dari ITB.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X