Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMKN 26, Jawara "Student Company" 2010

Kompas.com - 26/07/2010, 10:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim Bionic 26 dari SMK Negeri 26 Jakarta merebut juara pertama kompetisi wirausaha antarpelajar tingkat SMA/SMK "Annual Student Company Competition 2010" yang digelar pada Sabtu-Minggu (24-25/7/2010) lalu di Plaza Semanggi, Jakarta. Kompetisi tahunan yang digelar Prestasi Junior Indonesia (PJI) itu diikuti 13 student company dari 13 sekolah di Jakarta, Bogor, Bandung, serta Klaten.

Bertema "Doing Business is Fun! Everybody Can Do It!", kompetisi student company (SC/perusahaan siswa) menampilkan usaha-usaha kecil yang dikembangkan di beberapa sekolah terpilih di Jakarta, Bogor, Bandung, dan Klaten. Dalam konteks perusahaannya sendiri, para siswa dari 13 tim SC itu bersaing mempresentasikan rencana bisnis yang telah dipersiapkan masing-masing dengan baik dan profesional.

Ketua Konsorsium Nasional PJI Noke Kiroyan mengungkapkan, tahun ini kompetisi SC tetap diselenggarakan oleh PJI untuk mengembangkan pola pikir berwirausaha dengan menggunakan strategi dan perangkat pendidikan yang inovatif sebagai faktor utama mendorong para pelajar memulai perusahaan mereka sendiri yang berbasis sekolah.

"Sebagai ajang mendidik kemampuan berwirausaha, kegiatan ini sangat penting karena bisa menjadi bekal dan persiapan siswa setelah lulus nanti. Di sinilah mereka akan belajar membuat segala sesuatu yang dikerjakannya bernilai dan berdaya jual," ujar Noke yang hadir di acara tersebut, Sabtu (24/7/2010).

Sementara itu, Direktur PJI Robert Gardiner mengatakan, dengan memulai kebiasaannya bergiat di SC di sekolah masing-masing, lambat laun siswa akan terlatih mandiri dan berani berusaha untuk memberi nilai pada jerih payahnya. Untuk itu, kata dia, dalam kompetisi ini para siswa dan masing-masing timnya dinilai dari keberaniannya  berinteraksi dan kemampuannya berbisnis dengan pelanggan.

"Kami perlu menyediakan kesempatan praktis bagi anak-anak muda untuk terlibat dan mencari potensi mereka di dunia bisnis secara real karena sering kali anak-anak muda itu melihat kegiatan bisbnis sebagai sesuatu yang jauh dan di luar jangkauan mereka," ujar Robert.

Adapun 13 SC yang ikut di kompetisi ini, yaitu SMAN 1 Jakarta, SMAN 7 Jakarta, SMAN 24 Jakarta, SMAN 35 Jakarta, SMAN 82 Jakarta, SMAN 1 Bogor, SMKN 6 Jakarta, SMKN 8 Jakarta, SMKN 14 Jakarta, SMKN 26 Jakarta, SMALB Santi Rama Jakarta, SMA Talenta Bandung, serta SMKN 1 Rota Klaten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com