Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM dan UNY Juara Pimnas

Kompas.com - 26/07/2010, 14:13 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS - Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta berhasil menduduki peringkat tiga besar dalam daftar juara Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional XXIII. Prestasi ini mengukuhkan keunggulan kualitas pendidikan tinggi di Yogyakarta.

Dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) XXIII yang digelar di Universitas Mahasaraswati, Denpasar, Bali, 21-23 Juli, Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menjadi juara umum dengan total perolehan 19 medali, yaitu 9 emas, 4 perak, dan 6 perunggu.

Adapun Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) meraih juara ketiga dengan total perolehan 8 medali, yaitu 4 emas, 2 perak, dan 2 perunggu. Tempat kedua Pimnas XXIII ditempati oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, dengan total perolehan 10 medali.

Direktur Kemahasiswaan UGM Haryanto mengatakan, prestasi ini merupakan kali ketiga UGM berhasil menjadi juara umum di Pimnas. "Empat kali kami sempat tak bisa meraih juara umum, baru tahun ini kami berhasil meraihnya lagi," katanya di Yogyakarta, Minggu (25/7).

Kualitas

Menurut Haryanto, kemenangan dalam Pimnas ini sangat penting untuk menentukan kualitas pendidikan sebuah perguruan tinggi maupun kualitas pendidikan tinggi di satu daerah. Pimnas diyakini sebagai ajang paling prestisius untuk membandingkan kreativitas dan inovasi perguruan-perguruan tinggi di Indonesia.

Ajang ini juga menjadi tolok ukur keberhasilan pembinaan kemahasiswaan di sebuah perguruan tinggi. "Oleh sebab itu, kalau sampai ada dua perguruan tinggi di Yogyakarta yang bisa menjadi juara, ini membuktikan keunggulan kualitas pendidikan di Yogyakarta," ujarnya.

Tahun ini, UGM mengirimkan 34 tim dalam Pimnas. Mereka bersaing dengan 350 tim dari 113 perguruan tinggi se- Indonesia.

UGM juga memberikan hadiah uang bagi mahasiswa yang berhasil menjadi finalis dan juara di Pimnas. "Tidak juara pun, asal masuk final, kami beri uang sebagai bentuk penghargaan atas kerja kerasnya," tutur Haryanto.

Senada dengan itu, Pembantu Rektor III UNY Herminarto Sofyan mengatakan, prestasi dua perguruan tinggi Yogyakarta di Pimnas merupakan prestasi Yogyakarta sebagai kota pendidikan. "Ini tanda mahasiswa kita mampu bersaing dengan mahasiswa dari daerah-daerah lain," ujarnya.

Menurut Herminarto, selain peningkatan sarana dan prasarana penelitian, UNY juga berupaya membangun iklim akademis yang baik. Tahun lalu, UNY menduduki peringkat empat Pimnas. (IRE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com