Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ILO Gelar Pelatihan Perhotelan

Kompas.com - 27/07/2010, 16:01 WIB

AMBON, KOMPAS.com - Dalam rangka mendukung Sail banda, suatu kegiatan bahari bertaraf internasional yang berlangsung di Maluku pada 12 Juli-17 Agustus 2010, Organisasi Buruh Dunia (ILO) menggelar pelatihan perhotelan kepada 60 pemuda-pemudi di Kota Ambon.

Pelatihan perhotelan itu merupakan kerjasama ILO Perwakilan Maluku dengan enam hotel berbintang di Kota Ambon yakni Aston, Swill Bell, Amans, Manise, Amaris dan Mutiara yang telah diresmikan pembukaannya Senin oleh Kepala Nakertrans, Jeri Uweubun.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Program Provinsi Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan (education and skill training-EAST) ILO Maluku, Lucky Lumingkewas di Ambon, Selasa (27/7/2010).

"Berdasarkan pengamatan kami dan juga masukan dari pengelola hotel-hotel berbintang di Maluku bahwa tenaga kerja terlatih di bidang perhotelan di daerah ini sangat sedikit. Sementara perhelatan internasional Sail Banda sudah berlangsung," kata Lucky Lumingkewas.

Ia mengatakan, peluang itu dimanfaatkan ILO bersama enam hotel berbintang di Ambon untuk berkontribusi secara nyata terhadap penyediaan lapangan kerja tenaga terampil bidang perhotelan.

"Kami berharap dalam tiga bulan pelatihan yang sifatnya teori dan magang sekaligus di enam hotel tersebut, dapat melahirkan tenaga-tenaga perhotelan yang terampil karena mereka dilatih menggunakan silabus standar yang mengacu pada Standar Kerja Nasional Indonesia (SKTI)," katanya.

Disinggung kegiatan tersebut terkesan terlambat dilaksanakan mengingat saat ini Sail Banda sudah berlangsung dan para tamu mancanegara mulai berdatangan, dijawab Lucky bahwa pihaknya akan tetap berkontribusi.

"Kita tahu bahwa industri perhotelan di Maluku ini baru tumbuh seiring dengan moment Sail Banda. Namun kami akan tetap berkontribusi kendatipun agak terlambat karena kekurangan tenaga perhotelan itu diisi oleh 60 pemuda/pemudi yang langsung magang," katanya.

Sebanyak 60 orang pemuda/pemudi yang terjaring itu langsung dimagangkan di Hotel Aston, Swill Bell, Amans, Manise, Amaris dan Mutiara, masing-masing 10 orang.

Penempatan lokasi magang pemuda/pemudi itu diundi dan diumumkan di Kantor Dinas Nakertrans Maluku, Senin.

Lucky Lumingkewas berharap, pelatihan itu dapat menghasilkan tenaga terampil bidang perhotelan di Maluku, khususnya di Ambon sehingga tidak perlu didatangkan dari luar daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com