Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Kukuhkan 3 Guru Besar

Kompas.com - 27/07/2010, 20:34 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) akan mengukuhkan Guru Besar dari tiga rumpun keilmuan, yakni Prof Rachmadhi Purwana dari rumpun kesehatan, Prof Bondan Tiara Sofyan dari rumpun sains dan teknologi, serta Prof Zainuddin Djafar dari rumpun sosial humaniora. Upacara pengukuhan ketiga Guru Besar ini diselenggarakan Rabu (28/7/2919) di Balai Sidang Kampus UI, Depok. 

Dipimpin oleh Ketua Dewan Guru Besar UI, Prof Biran Affandi, Prof Rachmadhi Purwana akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap Ilmu Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI. Rachmadhi akan menyampaikan pidato pengukuhannya berjudul “Masalah Kesehatan Lingkungan di Indonesia”.

Sementara itu, Prof Bondan Tiara Sofyan, yang akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap Bidang Ilmu Teknik Metalurgi dan Material Fakultas Teknik (FT) UI akan menyampaikan pidato ilmiahnya berjudul ”Penguasaan Teknologi Aluminium untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa”. Sedangkan Prof Zainuddin Djafar akan menyampaikan pidato pengukuhannya sebagai Guru Besar Tetap pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UI, bertema “Hakekat Dimensi Strategis Politik Luar Negeri Indonesia”.

"Arah politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif dan menjadi panutan selama ini, tentunya harus punya identitas yang bersifat strategis ditengah dinamika dunia internasional yang demikian cepat akhir-akhir ini," ujar Zainuddin dalam siaran pers yang diterima Kompas.com di Jakarta, Selasa (27/7/2010).

Namun, lanjut dia, esensi bebas aktif cukup problematik dan paradoks sifatnya, artinya berbagai dinamika pengertian bebas aktif, yang membawa Indonesia ‘dekat’ dengan negara-negara Barat, ternyata berakhir dengan multi-krisis 1997/98. Indonesia jatuh terpuruk, dan makin tergantung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com