Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LKIR Terima 622 Proposal Riset

Kompas.com - 28/07/2010, 03:26 WIB

Jakarta, Kompas - Panitia Lomba Karya Ilmiah Remaja LIPI ke-42 tahun ini menerima 622 proposal riset dari peneliti remaja. Dari jumlah itu, proposal untuk ilmu pengetahuan alam paling banyak, yakni 318, sementara untuk teknologi, proposal yang masuk mencapai 143 serta untuk ilmu sosial dan kemanusiaan 161.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Biro Kerja Sama dan Pemasyarakatan Iptek LIPI Dr Deddy Setiapermana saat memberikan penjelasan kepada anggota Dewan Juri LKIR di Jakarta, Selasa (27/7).

Berbeda dengan Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) tahun-tahun sebelumnya, mulai tahun ini peserta tidak langsung mengirimkan makalah penelitian, tetapi proposal penelitian yang akan dikaji dewan juri atau scientific review committee (SRC) untuk ketiga bidang.

Baru setelah ke-622 proposal diseleksi menjadi total 30 proposal, peneliti remaja dihubungi untuk melanjutkan risetnya dengan dibimbing peneliti senior.

Hal ini, menurut peneliti LIPI, Dr LT Handoko, yang ikut menyelia LKIR, dimaksudkan agar dari awal penelitian tersebut bisa dikawal dari berbagai sisi agar memenuhi kriteria lomba internasional yang akan diikuti oleh pemenang kelak.

Menurut jadwal, pelaksanaan riset remaja ini akan berlangsung dari Agustus hingga Oktober 2010 dan penetapan pemenang akan dilakukan minggu ketiga November 2010. LKIR yang tahun ini disponsori oleh AJB Bumiputera akan memberikan hadiah masing-masing Rp 12.000.000 untuk pemenang I, Rp 10.000.000 untuk pemenang II, dan Rp 8.000.000 untuk pemenang III. (NIN)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com