Bahkan, Gelar S-3 Pun Percuma....

Kompas.com - 02/08/2010, 14:01 WIB
EditorLatief

DEPOK, KOMPAS.com — Banyak guru pintar dan kreatif, tetapi tidak semua kreativitas dan kepintarannya itu bisa ditularkan kepada anak-anak didiknya, bahkan untuk guru yang sudah menyandang gelar Phd sekalipun. Kreativitas guru melakukan penelitian diperlukan untuk menginspirasi peserta didik agar kreatif dan senang menyelami budaya meneliti di sekolah.

Demikian dikemukakan Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Syahrul Aiman kepada Kompas.com seusai membuka babak final Lomba Kreativitas Ilmiah Guru (LKIG) Ke-18 di Hotel Bumiwiyata, Depok, (2/8/2010). Dari 341 guru yang menawarkan proposal penelitiannya, hanya 25 guru yang berhasil maju ke tahap seleksi akhir ini untuk mempresentasikan hasil penelitiannya di hadapan dewan juri dari LIPI dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

"Ada guru yang sudah menamatkan S-3 jadi peserta. Tulisannya bagus sekali, penelitiannya juga bagus. Sayangnya, si guru tidak terlihat berupaya menularkan penelitiannya itu kepada anak-anak didiknya, jadi tidak masuk dalam kriteria kami," ujar Syahrul.

Adapun 25 guru yang maju ke babak final LKIG 2010 antara lain 5 guru untuk penelitian umum tingkat SD, 10 guru SMP untuk penelitian sosial dan Mipatek, serta 10 guru SMA/SMK untuk kategori Mipatek dan sosial.

"Kami harap mereka yang menang bisa menularkan kreativitasnya kepada anak didiknya. Karena memang, salah satu bobot yang kami nilai dari kreativitas mereka adalah menerapkan penelitian yang menginspirasi anak didiknya untuk berbuat serupa," kata Syahrul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.