Ujian Kemampuan Bahasa Jepang Direvisi!

Kompas.com - 04/08/2010, 19:04 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - The Japan Foundation dan Japan Educational Exchange and Services telah merevisi isi dari Ujian Kemampuan Bahasa Jepang (UKBJ) atau Nihongo Nouryoku Shiken, dan ujian dengan sistem yang baru ini mulai dilaksanakan pada 2010.

Demikian siaran pers diterbitkan The Japan Foundation di Jakarta, Rabu (4/8/2010). Point-poin revisi tersebut antara lain mengukur kemampuan komunikasi verbal untuk menyelesaikan soal selain pada pengetahuan mengenai bahasa Jepang.

"Ujian ini secara bersamaan juga menekankan pada kemampuan bahasa Jepang yang dapat digunakan secara praktis," ujar Humas The Japan Foundation Diana S Nugroho.

Kedua, menambah level ujian dari empat tingkatan menjadi lima tingkatan. Perbandingan level pada sistem ujian baru itu antara lain, pada level N1 peserta dapat mengukur kemampuan sampai dengan level yang lebih tinggi dari ujian level 1 saat ini.

"Batas nilai kelulusannya kira-kira sama dengan ujian saat ini," kata Diana.

Level N2 5 berada kira-kira pada level yang sama dengan ujian level 2 sekarang, sedangkan pada N3 berada di antara level 2 dan level 3 dari ujian yang sekarang. Sementara itu, level N4 berada pada level yang sama dengan ujian level 3 sekarang dan N5 berada pada level yang sama dengan ujian level 4 sekarang.

Pada 2010 ini, UKBJ dengan sistem yang baru ini akan dilaksanakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama diselenggarakan pada 4 Juli 2010, sedangkan gelombang kedua pada 5 Desember 2010.

Adapun ujian untuk gelombang kedua dilaksanakan di 7 kota, antara lain Padang, Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, serta Denpasar untuk semua level, mulai N1 sampai N5.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.