Awas, "Culture Shocked"!

Kompas.com - 10/08/2010, 11:41 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap tahun pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studinya ke luar negeri meningkat sebesar 20 persen. Negara-negara yang banyak diminati para pelajar tersebut antara lain Inggris, Australia, China, Amerika Serikat, Singapura, serta Malaysia.

Demikian diungkapkan Ketua Ikatan Konsultan Pendidikan Internasional Indonesia (IKPII) Harianto, di acara Internasional Education Expo HSBC-IKPII 2010 di Jakarta, Sabtu (8/8/2010). Namun, menurutnya, sebelum melanjutkan studi di luar negeri, alangkah baiknya melakukan persiapan agar tidak terjadi culture shocked.

"Setidaknya pada ada tiga kendala yang seringkali dihadapi pelajar pada proses persiapan keberangkatan, yaitu pemilihan sekolah yang tepat, pengurusan pendaftaran sekolah, serta pengurusan keberangkatan," ujar Harianto.

Namun, kata dia, ada yang lebih penting dari itu. Karena sebelum melanjutkan studi di luar negeri, lanjut Harianto, sebaiknya siswa melakukan beberapa hal seperti menentukan jurusan berdasarkan keinginan sendiri dan bukan paksaan orang tua. Kedua, menentukan di negara mana, kota, serta universitasnya.

"Ketiga melakukan persiapan mental, mempelajari bahasa asing serta pengetahuan tentang negara tujuan studi," ujarnya.

IKPII sendiri, kata dia, kerap melakukan pendampingan selama satu bulan. Khususnya, untuk memberikan gambaran mengenai seluruh seluk-beluk kuliah di luar negeri.

"Pelajar harus dibekali informasi sebanyak mungkin," ujar Harianto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.