Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantau Prestasi Sekolah Anak lewat Ponsel

Kompas.com - 10/08/2010, 17:12 WIB

Jakarta, Kompas.com- Tren layanan telekomunikasi seluler pada akhirnya menciptakan media informasi bagi penggunanya. Orang tua kini tak perlu risau untuk memperoleh nilai ujian anaknya di sekolah. Sebab, nilai ujian akan dikirimkan secara langsung ke orang tua melalui SMS. Begitulah program value added service (VAS) yang digelar oleh Esia dengan nama "Esia Info Sekolahku".

Sebagai uji coba, Palembang dipilih sebagai kota percontohan. Sebanyak 84 sekolah tingkat SMP dan SMA andil dalam program ini. Data hasil ujian para siswa dari sekolah-sekolah ini akan disimpan, dan jika ada orang tua yang membutuhkan, mereka cukup berlangganan SMS. Adapun biaya langganannya sebesar Rp 2.500,- per minggu.

Dengan menggunakan teknologi SMS memang lebih memudahkan. Namun, Esia sendiri tak memaksa orang tua wajib menjadi pelanggan. Sifatnya sukarela saja. “Semuanya sifatnya sukarela karena memang niatnya adalah memanfaatkan perkembangan teknologi telekomunikasi bagi kepentingan dunia pendidikan“, tegas Rakhmat Junaidi, Direktur Corporate Service PT Bakrie Telecom.

Lewat VAS seperti ini, Esia berusaha untuk memasyarakatkan penggunaan telepon genggam lebih dari sekadar untuk SMS maupun voice. "Telepon bukan saja dapat dimanfaatkan sebagai sarana telekomunikasi, menghubungkan satu pihak dengan pihak lain, tapi juga bisa memuat fitur-fitur positif bagi dunia pendidikan," ujar Rahmat.

Melalui layanan nilai tambah ini, orang tua, guru dan murid akan mendapatkan berbagai layanan informasi di seputar pendidikan siswa dan kegiatan sekolah seperti kehadiran murid, catatan akademis murid, aktivitas sekolah dan info pembayaran uang sekolah. Selain itu pihak orang tua dan guru juga mendapatkan sarana komunikasi untuk melakukan pembinaan berkelanjutan terhadap prestasi maupun aktivitas murid.(ANDRA/FORSEL)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com