Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Lebih Banyak Bergelar Doktor

Kompas.com - 12/08/2010, 12:04 WIB

BRASILIA, KOMPAS.com — Di Brasil pada tahun 2008, lebih banyak wanita menyandang gelar doktor dibanding pria. Demikian hasil sebuah penelitian yang dikeluarkan Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi negeri itu, Rabu (11/8/2010).

Kaum perempuan menjadi mayoritas dari mereka yang menyelesaikan tesis, yakni sebanyak 51,5 persen pada tahun 2008, demikian hasil penelitian tersebut. "Ini merupakan kemajuan besar, mengingat di Jepang persentase wanita penyandang gelar doktor hanya 25 persen dan di Belgia 33 persen," kata Menteri Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Sergio Rezende, saat menyampaikan hasil penelitian tersebut.

Penelitian yang berjudul "Doctors 2010: Demographic Studies of Brazilian Technical Scientific Base" menunjukkan jumlah penyandang gelar doktor di Brasil meningkat dari 2.830 orang tahun 2006 menjadi 10.705 orang tahun 2008, dan meningkat 278 persen selama 12 tahun. Sejak tahun 2004, kaum perempuan telah menjadi mayoritas warga yang meraih gelar doktor.

Berdasarkan penelitian, kebanyakan warga Brasil yang menyandang gelar doktor bekerja di bidang pendidikan (76,77 persen), diikuti di bidang umum (11,06 persen), kegiatan profesional yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi (3,78 persen) dan bidang kesehatan (3 persen). "Kebanyakan doktor yang lulus dalam lima belas tahun terakhir bekerja di universitas, tetapi terjadi peningkatan tenaga kerja (yang bergelar doktor) di industri manufaktur," kata Rezende.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com