Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Tokoh Peroleh Penghargaan

Kompas.com - 18/08/2010, 20:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Soegeng Sarijadi School of Government (SSSG) melalui Soegeng Sarijadi Lifetime Achievement memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh atas prestasi dan integritasnya kepada perkembangan demokrasi di Indonesia. Penghargaan diraih oleh tiga tokoh yakni Daoed Joesoef, Jakob Oetama, dan Hariman Siregar.

 

"Soegeng Sarijadi Lifetime Achievement ini diberikan atas prestasi tokoh-tokoh ini dan kepeduliannya bagi masyarakat dan berpihak pada kemanusiaan," kata Fadjroel Rahman selaku Direktur Eksekutif Soegeng Sarijadi School of Government, dalam acara pemberian penghargaan, di Hotel Four Seasons, Jakarta, Rabu (18/8/2010).

 

Daoed Jusuf terpilih karena integritasnya yang berpihak pada nilai-nilai kemanusiaan. Fadjroel mengatakan, Daoed merupaka tokoh intelektual yang memiliki kepedulian yang besar kepada masyarakat luas. "Terutama ditunjukkan ketika dia menolak Bakrie Award dan berpihak pada korban lumpur Lapindo. Dia tidak tergoda dan tetap berada di sisi publik. Inilah yang disebut intelektualitas harus tetap berpihak pada kemanusiaan," tuturnya.

 

Jakob Oetama yang merupakan salah satu pendiri Harian Kompas juga terpilih secara khusus atas sumbangannya dalam memperjuangkan kemerdekaan pers. Fadjroel mengakui Jakob Oetama memiliki peran besar dalam kemajuan pers dan demokrasi. "Dia selalu setia sebagai wartawan dan tetap memperjuangkan kebebasan pers," tegasnya.

 

Pemenang lainnya, Hariman Siregar juga dianggap memiliki prestasi yang besar dalam perjuangannya membela demokrasi. Salah satu alasan terpilihnya Hariman, ungkap Fadjroel, karena tidak diragukan lagi inspirasinya dalam pergerakan masyarakat sipil. "Sepanjang peristiwa Malari sampai saat ini dia selalu menjadi inspirator pergerakan masyarakat," kata dia.

 

Soegeng Sarijadi Lifetime Achievement ini diberikan pada tokoh-tokoh berdasarkan pilihan dewan juri. Lima orang dewan juri yakni Sukardi Rinakit, Soegeng Sarijadi, Jesse Monintja, Totok Sugiarto, dan Fadjroel Rahman.

 

Selain Soegeng Sarijadi Lifetime Achievement, secara bersamaan juga diberikan penghargaan Soegeng Sarijadi Award yang diberikan kepada lembaga di tiga kategori. Terpilih sebagai pemenang Soegeng Sarijadi Award adalah Komisi Pemberantasan Korupsi di kategori negara (state), Komnas Perlindungan Anak di kategori sipil (civil society), dan Mohammad Baedowy di kategori pelaku pasar (market). Khusus untuk Soegeng Sarijadi Award ini dilakukan berdasarkan pilihan masyarakat melalui survei kepada 750 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com