Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BSNP: Kalau Tidak Sukses, Ya Perbaiki!

Kompas.com - 26/08/2010, 14:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menyatakan masih terus melakukan diskusi dan evaluasi berkaitan dengan rencana penerapan sistem satuan kredit semester (SKS) di SMP dan SMA. Hal itu khususnya soal keterkaitan antara pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dan SKS dan sosialisasi kebijakan sistem SKS di sekolah.

"Saya tidak ada akses mengenai sosialisasi SKS ke sekolah. Kami (BSNP) hanya membuat panduan, jika sekolah ingin melaksanakan SKS, ya silakan, tapi jika ada yang kurang dari panduan itu, kami tolong diberitahu," kata Ketua BSNP Djemari Mardapi kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (26/8/2010).

Djemari mengungkapkan, penerapan sistem sistem SKS, seperti di perguruan tinggi, dapat memberikan keleluasaan bagi siswa untuk belajar sesuai bakat, minat, dan kemampuannya. Menyoal banyaknya kendala yang akan dihadapi di sekolah seperti yang dilontarkan para pengamat dan pakar pendidikan, dirinya mengaku masih bisa diperbaiki.

"Itu tergantung. Dengan SKS ini, cara belajar siswa menjadi lebih efektif dan sesuai minat dan kemampuannya sehingga siswa menjadi lebih pintar dan berkarakter," kata Djemari.

Menurutnya, sejauh ini BSNP hanya bertugas membuat panduan. Untuk itu, pihaknya masih membutuhkan evaluasi, termasuk dengan melihat sekolah mana yang sukses dan tidak sukses menerapkan SKS dan dicari penyebabnya.

"Panduan itu kan sifatnya tidak mengikat, jika sukses, ya silakan lanjut digunakan, tetapi jika tidak sukses, bisa diperbaiki," ujar Djemari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com