Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

176 Mahasiswa Malaysia Diminta Tenang

Kompas.com - 30/08/2010, 11:56 WIB

JAMBI, KOMPAS.com - Para mahasiswa asal Malaysia yang tengah belajar di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Thaha Saifudin, Jambi, untuk tidak terpengaruh dengan hubungan diplomatik antara Indonesia dan negaranya akhir-akhir ini. Saat ini, 176 mahasiswa asal Malaysia sedang menuntut ilmu di IAIN Sultan Thaha Saifudin.

"Terganggunya hubungan diplomatik antara Indonesia dan Malaysia yang dipicu penangkapan dan penahanan tiga petugas pengawas perikanan Kepulauan Riau oleh polisi negera tetangga itu cukup membuat pengelola IAIN STS khawatir akan terganggunya proses belajar mengajar," kata Pembantu Rektor III IAIN STS, Rizki Takriyanti, di Jambi, Senin (30/8/2010).

Dia mengatakan, saat ini pihaknya sudah menyampaikan pesan dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) kepada mahasiswa, baik asal Indonesia yang belajar di Malaysia maupun mahasiswa negara jiran itu yang belajar di sini, supaya tidak terpengaruh dengan masalah politik dan diplomatik kedua negara saat ini. Kepada para mahasiswa asal Malaysia itu dia meminta untuk tetap serius dan fokus mengikuti perkuliahan.

"Pihak kampus menjamin keamanan dan tidak akan mengeluarkan mereka," ujar Rizki.

Sebaliknya, lanjut Rizki, mahasiswa Indonesia juga tidak terpancing aksi anarkis kelompok lain untuk melakukan unjuk rasa, apalagi sampai melakukan sweeping pada warga Malaysia. Menurut dia, masalah terganggunya hubungan diplomatik dua negara, biarlah diselesaikan petinggi negara, sementara mahasiswa tetap fokus belajar.

"Jangan sampai ikut ke ranah politik," katanya menandaskan.

Mahasiswa asal Indonesia juga banyak yang menuntut ilmu di Malaysia. "Jangan sampai urusan diplomatik ratusan bahkan ribuan mahasiswa tersebut gagal dalam kuliahnya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com