StuNed, Khusus Kandidat di Luar Jawa!

Kompas.com - 03/09/2010, 17:59 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Pemerintah Belanda kembali menawarkan program beasiswa Studeren in Nederland (StuNed) atau studi di Belanda kepada para mid-career professional Indonesia sebagai bagian dari bentuk kerjasama bilateral antara pemerintah Belanda dan Indonesia. Program ini ditawarkan khusus untuk kandidat yang menetap dan bekerja di luar pulau Jawa.

Pendaftaran program pra-registrasi beasiswa StuNed ini kembali dibuka bagi para profesional muda masyarakat Indonesia yang telah bekerja full time di salah satu institusi yang menjadi partner Kedutaan Besar Belanda. Syaratnya, kandidat adalah adalah profesional yang sudah memiliki masa kerja minimum dua tahun di tempat kerja terakhir.

Kandidat idealnya memiliki komitmen untuk meningkatkan sumber daya manusia dan kapasitas institusi dari instansi mitra, memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Belanda, serta sanggup meningkatkan efektivitas dari program-program kerja yang sedang berjalan.

Peminat yang tertarik mendaftar program pra-registrasi ini harus melengkapi persyaratan institutional atau Prediction Toefl dengan skor minimal 475 atau IELTS dengan skor minimal 5.0. Pada tahap awal ini peminat belum diharuskan memiliki surat penerimaan dari salah satu universitas di Belanda.

Mengenai tahapan dan prosedur, formulir pendaftaran, serta daftar instansi yang menjadi mitra pemberi beasiswa ini dapat dilihat di www.nesoindonesia.or.id. Khusus pilih program studi yang sesuai di salah satu perguruan tinggi di Belanda nanti, kandidat bisa melihatnya di www.studyinholland.nl.

Pendaftaran program pra-registrasi beasiswa ini akan diseleksi dan kandidat yang lolos akan diikutsertakan pelatihan Bahasa Inggris intensif di Jakarta selama 4 bulan mulai bulan Januari 2011. Batas akhir pendaftaran program pra-registrasi StuNed tahun akademik 2010 ini hingga 15 Oktober 2010.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.